Alhamdulillah, Pasien Corona di RSUD AWS Sudah Membaik

Seorang pasien terkonfirmasi positif virus corona (COVID-19) di Samarinda, Kalimantan Timur, dikabarkan dalam kondisi mulai membaik.

Pasien tersebut telah beberapa hari menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Abdul Wahab Syahranie (RSUD AWS).

“Kami telah menangani pasien tersebut mulai hari Sabtu (14/3), dari pertama kali masuk dengan gejala panas tidak terlalu tinggi dan batuk, saat ini kondisinya cenderung membaik, dan batuknya juga sudah mulai berkurang,” kata Plt Direktur RSUD Abdul Wahab Syahranie Samarinda, Dr David Hariadi di Samarinda, Rabu malam.

Pihaknya tidak memberikan terapi khusus kepada pasien dalam pengawasan (PDP) termasuk yang sudah terkonfirmasi positif corona, dan penanganan medis hanya disesuaikan dengan gejala yang dialami oleh pasien tersebut.

“Kami melakukan secara prosedural saja sesuai dengan arahan Kemenkes dan Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, karena COVID-19 ini adalah penyakit baru dan memang belum ditemukan obatnya,” jelasnya.

Karena sejak awal, pasien PDP yang dirawat di RSUD AWS ini dengan gejala flu dan batuk maka tim medis yang diturunkan adalah dokter spesialis paru-paru.

“Kami ada 4 tim dokter spesialis paru dan semuanya kita turunkan, mereka juga dibantu oleh doketr ahli gizi dan sejumlah perawat,” tegasnya.

Sejauh ini, RSUD AWS telah menyiapkan satu ruang khusus untuk perawatan pasien corona yakni di Ruang Tulip.

Di ruang tersebut, kata David, bisa menampung sekitar 40 pasien.

“Kami juga telah membuat tenda khusus, sebagai antisipasi kemungkinan membludaknya pasien di ruang isolasi,” tegasnya. (ant)

You may also like...

Sampaikan komentar terbaik Anda