Antisipasi Corona, Dewan Masjid Imbau Shalat di Rumah Jika Flu

Dewan Masjid Indonesia (DMI) meminta para jamaah mengantisipasi penyebaran virus corona.

Informasi ini disampaikan Ketua Pengurus Daerah DMI Kota Samarinda, H Ardaniansyah MPd, Kamis (05/03/2020), berdasarkan surat edaran Pimpinan Pusat DMI.

Dalam imbauan tertulis yang diteken Ketua Umum DMI Jusuf Kalla itu antara lain meminta para jamaah yang mengalami batuk, demam, dan gejala sakit seperti flu untuk shalat di rumah.

“Sehubungan dengan dampak wabah virus corona, maka Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia mengimbau seluruh jajaran pimpinan wilayah, daerah, cabang, dan ranting untuk melakukan langkah sanitasi siaga bersama DKM dan takhmir masjid atau musala,” tulis surat edaran DMI.

Selain meminta jamaah yang mengalami gejala flu untuk shalat di rumah, DMI juga mengimbau para jamaah shalat untuk membawa sejadah atau sapu tangan/kain bersih sendiri sebagai alat sujud.

DMI juga mengimbau agar teratur menjaga kebersihan lantai masjid atau musala dengan cairan disinfectant, termasuk tempat wudhu dan toilet.

Kebersihan karpet dan alat salah lainnya juga harus dijaga secara konstan dan rutin.

Pimpinan wilayah daerah, cabang dan ranting dewan masjid juga diminta untuk mengawasi penyebaran atau penularan covid-19 dan melakukan upaya tanggap/melaporkan jika ada warga yang dicurigai terinfeksi, khususnya di sekitar masjid atau musala.

You may also like...

Sampaikan komentar terbaik Anda