Apa Kabar Tol? (Bagian 1) – Gubernur: Bukan Untuk Awang Faroek

Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek kembali memberi penjelasan soal pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda.

Penjelasan Faroek disampaikan agar masyarakat semakin paham ihwal mengapa jalan tol ini harus dibangun.

“Yang pasti, jalan tol ini dibangun untuk rakyat Kaltim. Bukan untuk Awang Faroek seorang,” ujarnya, kemarin.

Faroek menjelaskan, jalan tol dibangun demi mewujudkan pemerataan pembangunan wilayah, efisiensi pelayanan jasa distribusi, peningkatan pertumbuhan ekonomi dengan membina jaringan jalan yang dananya berasal dari pengguna jalan.

Usaha jalan tol dimaksud meliputi pendanaan, perencanaan teknis, pelaksanaan konstruksi, pengoperasian dan pemeliharaan yang dilakukan oleh pemerintahan dan/atau investor/badan usaha.

Pendanaan usaha jalan tol dapat berasal dari pemerintahan dan/atau badan usaha. Jika ruas jalan tol layak secara ekonomi dan finansial, maka pengusaha dan pendanaan oleh dilakukan oleh investor/badan usaha.

Jika ruas jalan tol layak secara ekonomi tetapi belum layak secara finansial, maka pengusahaan dan pendanaan berasal dari pemerintahan dan investor/badan usaha.

“Pemerintah bisa membiayai seluruh pekerjaan konstruksi,  sementara investor/badan usaha melaksanakan pengoperasian dan pemeliharaan. Berikutnya, pemerintah membiayai sebagian pekerja konstruksi, sedangkan investor membiayai pekerjaan sisanya dan melaksanakan pengoperasian dan pemeliharaan,” jelas Faroek. (Bersambung)

Bagaimana menurut Anda? Tulis pendapatmu di kolom komentar

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *