Berharap Mulai Idul Adha Nanti Bisa Gunakan “Masjid Kinibalu”

Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi mengatakan Masjid Pemprov telah selesai pembangunannya, ditargetkan pada Hari Raya Idul Adha 1441 H sudah bisa difungsikan.

Penegasan Mulyadi itu menjawab permintaan Ketua Peguyuban DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Kaltim H Awang Fareok Ishak saat kunjungan kerja sekaligus rapat kerja bersama anggota DPR RI Dapil Kaltim melalui video conference beberapa hari lalu.

Saat ini, lanjut Hadi, Pemprov terus menindaklanjutinya dengan dinas terkait untuk segera diresmikan dan difungsikan.

“Kita akan mendengarkan laporan dinas terkait, jika Juni ini kasus pandemi Covid-19 benar-benar melandai, maka bulan ini juga akan resmikan. Namun tetap kita targetkan minimal Hari Raya Idul Adha sudah bisa dipakai,” kata Hadi.

Sementara Awang Fareok menjelaskan pembangunan Masjid Pemprov yang berlokasi di areal Lapangan Kinibalu Samarinda, mampu menampung kurang lebih 3.500 jemaah.

Dan keberadaan masjid sangat representatif sekaligus wujud toleransi umat beragama di ibukota Provinsi Kaltim.

“Masjid Pemprov diapit dua gereja. Ini membuktikan umat beragama telah melaksanakan toleransi dan saling menghormati antar umat beragama,” tandas mantan Gubernur Kaltim dua periode ini sebagaimana dilansir Humas Pemprov.

Seperti diketahui groundbreaking pembangunan Masjid Pemprov Kaltim dilaksanakan pada Senin 14 Mei 2018, ditandai penekanan tombol serine oleh Gubernur Awang Faroek Ishak.

Masjid mencakup bangunan utama terdiri tiga lantai (6.415 m2) berkapasitas tampung 3.500 jemaah, bangunan penunjang seperti rumah imam dan kaum, rumah pompa/genset, toilet, tempat wudhu, pos dan area parkir roda dua dan roda empat.

You may also like...

Sampaikan komentar terbaik Anda