Bertemu Jodoh saat Berhaji, Gadis Kaltim Ini Nikah di Depan Ka’bah

Ibadah haji tahun ini telah usai. Seluruh jamaah haji Indonesia sudah kembali ke Tanah Air. Tak hanya oleh-oleh, ragam cerita akan dibagikan kepada sanak saudara, kerabat dan tetangga. Namun menikah saat berhaji tentu tak semua jamaah bisa mengalaminya.

Kisah momen bahagia itu ditulis seorang Kompasianer, Bakaruddin Is. Pensiunan PNS di Departemen Pertanian tersebut menceritakan pengalaman pribadinya, saat melaksanakan ibadah haji beberapa tahun lalu.

Seorang anggota rombongan jamaah dapat Jodoh di Mekkah. Salah seorang jemaah rombongan kami yang termuda, saat berangkat masih bujangan. Dia mendapat jodoh di Mekkah, seorang gadis jamaah Kalimantan Timur. Mereka bertemu dan berkenalan saat melaksanakan Tawaf mengelilingi Ka’bah.

Saya dan beberapa teman bertindak sebagai orangtua pemuda itu untuk melamar si gadis yang saat itu menunaikan ibadah haji bersama saudara perempuan dan ayah kandungnya. Pada awalnya, ayah si gadis menerima lamaran kami, tetapi tidak langsung menikah di sana. Tetapi kami meminta agar langsung menikah di tempat dan saat yang suci itu.

Akhirnya ayahnya setuju, dan dilangsungkan pernikahan itu beberapa hari kemudian di salah satu sudut Mesjidil Haram di tingkat dua. Untuk sekadar ”selamatan” dengan makan nasi kotak, kami para jamaah mengadakan urunan beberapa riyal per orang. Acara itu diliput dan disaksikan oleh para pejabat dari Konsulat Jenderal RI di Jedah.

Begitulah Allah Yang Maha Menentukan telah mempertemukan jodoh mereka. Padahal selama ini pemuda itu sudah lama ingin menikah, karena dia sudah mempunyai pekerjaan tetap, dan sudah mempunyai rumah sendiri.

Tapi setiap kali berjumpa seorang wanita, ada saja masalah atau faktor yang menghalangi terjadinya pernikahan. Ternyata jodohnya harus bertemu di Masjidil Haram. Allahu Akbar. Saat artikel ini ditulis, mereka telah dikarunia dua orang anak yang lucu-lucu. Semoga kelak akan menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Amin. (*)

You may also like...

Sampaikan komentar terbaik Anda