Camat Lapor Ada Warga Sungai Pinang Positif tapi Keluyuran

Walikota Samarinda, Syaharie Jaang menggelar rapat koordinasi bersama pimpinan puskesmas se-Kota Samarinda membahas masalah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, Senin (28/09/2020) siang.

Rapat yang diadakan secara virtual ini dihadiri juga Sekretaris Daerah Kota Samarinda, Sugeng Chairuddin dan Plt Kepala Dinas Kesehatan, Ismit Kusasih.

Mengawali rakor tersebut, Sugeng mengatakan jika lonjakan angka kasus pasien positif dalam 3 hari belakangan ini sangat tidak diduga-duga.

Imbasnya, saat ini ada sebanyak 560 pasien positif yang melakukan isolasi secara mandiri.

Melihat kondisi tadi, ia berharap tim dari kesehatan bisa mengambil langkah antisipasi terhadap perilaku warga yang merawat dirinya secara mandiri tersebut.

“Karena saya dapat laporan dari ibu Camat Sungai Pinang, katanya ada warganya yang terkonfirmasi positif hasil swab tanggal 24 September kemarin, tapi masih keluyuran kemana-mana hingga bertamu ke rumah keluarga dengan keyakinan kalau dia tidak terpapar covid,” celetuk Sugeng.

Melihat kejadian tersebut, ia berharap tim gugus tugas di tingkat Kecamatan dan Kelurahan dibantu Puskesmas setempat bisa melakukan screening terhadap pasien yang melakukan isolasi mandiri.

Mulai dari tingkat sosialnya hingga perilakunya.

“Karena menurut saya ada 2 tipe warga yang melakukan isolasi mandiri ini yaitu tipe bandel, maksudnya pasien ini sudah tahu positif tapi masih melakukan aktifitas di luar rumah, serta tipe kondisi sosial ekonomi, ini lebih kepada pasien yang terpapar covid tapi kondisi rumah yang kecil tidak memungkinkan untuk melakukan isolasi mandiri,” urai Sekda.

Jadi kedua tipe pasien tadi menurut Sugeng wajib menjadi perhatian Pemerintah dalam menekan angka penularan Covid-19.

Sementara Walikota Samarinda dalam arahannya meminta kepada Dinas Kesehatan untuk membuat kajian ilmiah terkait seberapa urgennya Pemkot untuk melakukan penambahan tempat karantina yang baru, baik dari segi tenaga medis hingga fasilitas yang disiapkan.

Sumber: https://ppid.samarindakota.go.id/berita/kabar-pemerintahan/kumpulkan-pimpus-se-samarinda-via-virtual-jaang-minta-carikan-solusi-bagi-pasien-covid-isolasi-mandiri

You may also like...

Sampaikan komentar terbaik Anda