Ceramahi Anggota Ormas dan OKP, Rusmadi Bicara Teori Lebensraum yang Digaungkan Hitler

Wakil Wali Kota Samarinda, Dr H Rusmadi menekankan pentingnya membangun wawasan kebangsaan dengan dilandasi empat pilar kebangsaan.

Wawasan kebangsaan adalah bagaimana cara kita memandang diri dan lingkungan dalam konteks membangun rasa kebangsaan mengutamakan rasa persatuan dan kesatuan bangsa dengan berlandaskan 4 pilar, yaitu Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal IKA dan NKRI,” ucap Rusmadi dalam sambutannya membuka sosialisasi Wawasan Kebangsaan garapan Badan Kesbangpol di ruang utama Balaikota, Rabu (24/03/2021) pagi.

Artinya, lanjut Rusmadi, dalam setiap nafas, kegiatan dan tindak tanduk yang dilakukan baik selaku masyarakat biasa.

Apalagi dirinya selaku birokrat yang memegang amanah dan terlebih TNI-Polri harus berpijak pada empat pilar tadi.

Bicara kebangsaan, saya teringat dengan teori ruang atau bahasa Jerman nya Lebensraum yang digaungkan Hitler. Bahwa negara ini tidak berbeda dengan organisme atau mahluk hidup. Bangsa perlu hidup, nafas, oksigen, perlu pangan, air, dan energi. Tidak semua bangsa memiliki kemampuan yang sama. Makanya negara melakukan ekspansi agar tetap hidup,” ungkapnya.

Caranya, sambung mantan Dekan Fakultas Pertanian Unmul ini, dengan perang.

Tapi sekarang perangnya bukan fisik lagi, bisa menggunakan isu lingkungan, teknologi dan senjata biologi,” kata mantan Sekprov Kaltim ini.

Namun ditegaskannya agar tidak mengambil kesimpulan Covid dilakukan salah satu negara agar bisa eksis.

Saya yakinkan tidak ada suatu bangsa yang tidak mengusahakan bangsanya. Termasuk dalam menghadapi Covid-19 yang harus kita lawan bersama dengan semangat gotong royong sebagai nilai yang telah ditanamkan nenek moyang kita,” tandasnya sebagaimana rilis Pemkot.

Oleh karena itu, ia meminta agar kegiatan dalam rangka memantapkan kebangsaan, harus dibungkus dengan pikiran tiap detiknya dengan melakukan penguatan kebangsaan.

Adapun yang menjadi narasumber di antaranya dari BPBD Provinsi Kaltim, Kodim 0901 Samarinda disampaikan Pjs Pasi Perencanaan Kapt Arm Anta Hi Jusuf SE, Polres Samarinda disampaikan Wakasat Intelkam AKP Emanuel Teguh Budi, SH.

Hadir pula Asisten I Setda Samarinda Tejo Sutarnoto, Kepala Badan Kesbangpol Samarinda Sucipto Wasis, ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Samarinda Rudyanto Sulisthio.

Sosialisasi ini sendiri diikuti Ormas/OKP Pemuda Pancasila, Pemuda Panca Marga, Himpunan Putra Putri Angkatan Darat (Hipakad), Relawan Raudah City, Organisasi Perempuan Peduli Sesama, dan Keluarga Besar Putra Putri (KBPP) Polri.

You may also like...

Sampaikan komentar terbaik Anda