Cerita Mahasiswa ‘Ditodong’ Waris Husain, Tak Disangka Malah Jadi Pejabat Tinggi

Innalillahi wa inna ilaihi rojiun.

Kota Samarinda kehilangan salah satu tokoh terbaiknya,

Abdul Waris Husain, mantan Walikota Samarinda periode 1985 – 1995 meninggal dunia di RSUD A Wahab Syahranie, Kamis (26/7/2018) sekitar pukul 23.15 Wita.

Jenazah pria kelahiran Muara Badak tahun 1944 ini disemayamkan di rumah duka di Jalan Basuki Rahmat, Jumat (27//2018) pagi.

Prosesi pelepasan digelar di teras Balaikota Samarinda, Jalan Kusuma Bangsa.

Setelah itu, jenazah disalatkan di Masjid Raya Samarinda dan kemudian dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, Jalan Pahlawan.

Salah satu capaian Waris Husain di masa kepemimpinannya adalah pembangunan kawasan Citra Niaga, yang berhasil meraih penghargaan internasional AGA Khan Award di tahun 1989.

Almarhum memang banyak dikenal luas, baik di kalangan birokrat, politisi hingga masyarakat umum.

Dari sekian banyak pribadi yang mengenalnya, Sekretaris Daerah Kota Samarinda, Sugeng Chairuddin tak bisa melupakan sebuah momen penting dirinya dan almarhum.

Cerita ini ia bagikan di laman media sosialnya.

Sebuah kisah inspiratif ketika seorang mahasiswa ‘ditodong’ seorang Walikota, dan kini sang mahasiswa malah menjadi pejabat tinggi.

(foto: facebook.com/sugeng.chairuddin)

“Banyak kenangan yang saya ingat bersama beliau, beberapa obrolan yang saya ingat 25 tahun yang lalu, kira-kira bulan September 1993 bertempat di rumah jabatan walikota Jalan S. Parman, beliau mengatakan, “Ananda kamu mau tetap kuliah atau mau saya angkat jadi lurah? (karena memang waktu itu saya sedang tugas belajar di Sospol UNMUL).

Spontan saya menjawab “Siap Pak Wali. Apapun yang Bapak perintahkan, saya siap melaksanakan. Jadi Lurah atau tetap ditugaskan belajar.”

Lalu beliau menyalami saya dan berkata “Baik, kamu jadi Lurah saja sambil kuliah sorenya di Perguruan Tinggi swasta, ya. Kerja baik-baik,” tulis Sugeng di akun Facebooknya.

Ya, tentu tak hanya Sugeng yang merasa kehilangan sosok panutan sekaligus orangtua.

Kita, warga Kota Samarinda berharap setiap pemimpin di daerah ini bisa melakukan berbagai  terobosan seperti yang telah diwariskan Waris Husain.

You may also like...

Sampaikan komentar terbaik Anda