Dibujuk Berkali-kali, Mengapa Siswi SMP di Samarinda Ini Tetap Tak Mau Ikut UN?

Seorang siswi SMP Aminah Syukur Samarinda, Kalimantan Timur, berinisial VAS gagal mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer yang digelar sejak Selasa (02/05/2017), karena yang bersangkutan tidak mau meskipun sudah dibujuk.

“Beberapa guru dan teman-teman sekolahnya sudah berkali-kali mendatangi VAS, bahkan saya juga sudah ke rumahnya dan berdialog dengan VAS serta orangtuanya, tapi memang siswi yang satu ini tetap tidak mau ikut ujian,” ujar Kepala SMP Aminah Syukur Samarinda Amiruddin di Samarinda, dilansir Antara.

Ia mengemukakan sejak April lalu siswi tersebut memang sudah tidak masuk sekolah.

Sejak saat itulah guru dan teman-temannya kerap datang ke rumah VAS, termasuk Amiruddin untuk membujuk agar bersedia datang ke sekolah karena waktu ujian sudah dekat.

Amir juga sudah mengatakan kepada VAS dan orang tuanya tidak perlu memikirkan iuran sekolah atau SPP, karena ada puluhan siswa yang digratiskan, sehingga meminta VAS tetap sekolah agar bisa lulus dan melanjutkan ke pendidikan selanjutnya.

“Atau jika dia mau bekerja juga boleh yang penting sudah lulus sekolah,” tambahnya.

Namun, berbagai upaya itu tetap saja tidak berhasil, hingga pada 2 Mei sebagai awal pelaksanaan UNBK, VAS tidak juga datang ke sekolah untuk mengikuti ujian.

“Setelah UNBK ini selesai, kami akan datang ke rumah VAS untuk membujuk lagi karena masih ada kesempatan kedua, yakni UNBK susulan yang akan dimulai pada 22 Mei. Kami tidak mencoret nama siswa yang sudah terdaftar sebagai peserta UNBK, jadi kami harap VAS bisa datang saat UNBK susulan,” ujar Amir. (*)

Bagaimana menurut Anda? Tulis pendapatmu di kolom komentar

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *