Disdikbud Kaltim dan Kejati Launching Duta Pelajar Sadar Hukum

Kesadaran dan ketaaan terhadap hukum perlu ditanamkan sejak dini kepada para generasi muda.

Untuk itulah, lewat kegiatan pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum diharapkan hal tersebut dapat diimplementasikan.

Bertempat di halaman SMAN 5 Samarinda, Senin (02/03/2020) pagi, telah dilaksanakan Upacara Launching Duta Pelajar Sadar Hukum Provinsi Kaltim.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim, Anwar Sanusi MPd.

Disampaikan bahwa siswa yang mengikuti pemilihan Duta Pelajar Penegak Hukum nantinya akan meraih berbagai hadiah, salah satunya beasiswa perguruan tinggi untuk jurusan hukum di universitas pilihan yang ada di Indonesia.

Hadiah yang kami siapkan untuk juara 1, 2, dan 3 tingkat Provinsi akan diberangkatkan ke Kejaksaan Agung di Jakarta. Kemudian juara 1, 2, dan 3 serta juara harapan 1, 2, dan 3 akan mendapatkan beasiswa penuh untuk perguruan tinggi,” tutur Anwar.

Sementara, Kepala Seksi Penegak Hukum Kejaksaan Tinggi Provinsi Kaltim, Abdul Faried menjelaskan, salah satu program di Kejati yakni pembinaan masyarakat taat hukum.

Dengan mengadakan pemilihan Duta Pelajar Penegak Hukum kami harapkan anak-anak dapat memahami bahwa dengan mengenali hukum kita dapat menjauhi hukuman, agar anak-anak dan masyarakat tidak salah kaprah dan mengetahui bahwa hukum dibuat bukan untuk dilanggar tapi harus dipatuhi, ujarnya.

Dengan banyaknya remaja usia sekolah yang sadar hukum dan mengenali hukum, diharapkan bentuk pelanggaran hukum di kalangan remaja antara lain bullying, narkoba, hingga kenakalan remaja dapat berkurang.

You may also like...

Sampaikan komentar terbaik Anda