Dompet Dhuafa Australia dan Kaltim Luncurkan Perahu Dakwah

Masih belum meratanya akses transportasi darat di wilayah Kalimantan Timur, khususnya pedalaman Mahakam tak menghalangi langkah para pendakwah untuk menebar syiar Islam.

Dengan memanfaatkan jalur sungai yang membentang hingga ke perbatasan, Dompet Dhuafa Kaltim meluncurkan program ‘Perahu Dakwah’.

Acara launcingnya dirangkai dengan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW di Masjid Nurul Khoir Kampung Muyub Ilir Kecamatan Tering, Kabupaten Kutai Barat, beberapa hari lalu.

Ratusan jamaah dari sembilan kampung hadir, mesi kondisi cuaca sejak pagi hingga siang diguyur hujan deras.

Ada yang datang menggunakan kendaraan darat, ada pula yang hadir menggunakan perahu.

Penanggung Jawab Program Dompet Dhuafa Kaltim, Rahmat Kartolo, mengatakan program ini merupakan program Sinergi Dompet Dhuafa Australia dan Kalimantan Timur dalam mendukung program dakwah di daerah tapal batas dan pedalaman Kalimantan.

Kita ajak masyarakat di Indonesia untuk mendukung program ini agar berkelanjutan dan bermanfaat untuk syiar dakwah di Wilayah Kalimantan, alhamdulillah masyarakat Australia melalui DD Ausie turut support dalam pengadaan perahu ini,” ujar Rahmat dalam keterangan tulis, Ahad (29/4/2018).

Tahun ini akan diluncurkan tiga buah perahu dakwah yang akan beroperasi di Sepanjang Mahakam, perkampungan di atas air Bontang, dan Pulau Sebatik Kab Nunukan Kalimantan Utara.

Untuk perahu dakwah di sungai Mahakam tersebut oleh Da’i yang di tugaskan Dompet Dhuafa Kaltim untuk memudahkan pembinaan mualaf di 20 kampung binaan yang rata-rata hanya bisa di jangkau dengan menggunakan perahu.

Kampung itu diantaranya di wilayah Kecamatan Melak, Kecamatan Muara pahu, Kecamatan Moo kManaar, Kecamatan Tering, Kecamatan Long Iram dan wilayah lainnya di Kutai Barat yang menuju Hulu sungai Mahakam.

Selain untuk dakwah, dapat pula digunakan oleh warga dalam aktifitas darurat seperti respon kemanusiaan, korban bencana, dan lainnya.

Senada dengan itu, Ustadz Robi Darwis al Anshary yang juga Dai Bina Sahabat Pedalaman Cordofa (Corps Dai Dompet Dhuafa) Kaltim mengucapkan terima kasih banyak kepada Donatur Dompet Dhuafa atas amanah berupa pengadaan fasilitas Perahu Dakwah, dengan adanya perahu tersebut.

“Insya Allah kampung-kampung yang jauh di sepanjang aliran Sungai Mahakam dapat terjangkau, sehingga memudahkan kami dalam berdakwah di pedalaman Kutai Barat,” ucapnya.

Bagaimana menurut Anda? Tulis pendapatmu di kolom komentar

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *