HAB Kemenag ke-74, Gubernur Isran Sampaikan Pesan Penting Menteri Agama

Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kaltim bekerjasama dengan Kemenag Kota Samarinda menggelar upacara bendera peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-74, Jumat (03/01/2019).

Bertempat di Lapangan parkir GOR Segiri Samarinda, Gubernur H Isran Noor yang memimpin jalannya upacara juga membacakan Amanat Menteri Agama RI Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi.

“Penguatan identitas keagamaan dan penguatan identitas kebangsaan tidak boleh dipisahkan apalagi dipertentangkan, tetapi harus dalam ‘satu kotak’ untuk melahirkan moderasi beragama dan bernegara,” demikian kutipan pesan penting dari Menag.

Inilah yang menjadi substansi dari tugas Kementerian Agama yang sejalan dengan tema HAB kali ini, yaitu “Umat Rukun, Indonesia Maju.”

Lebih lanjut Menag berpesan kepada seluruh jajaran Kemenag untuk bisa mengawal dan mengembangkan peran strategis Kemenag secara kontekstual di tengah masyarakat.

Saya meminta kepada segenap aparatur Kemenag, berikanlah seluruh kemampuan yang saudara-saudara miliki untuk semakin dekat melayani umat dan menjaga nama baik Kementerian Agama,” pungkasnya.

Usai membacakan amanat Menag, Gubernur menyematkan tanda penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada ASN yang telah mengabdi selama 10, 20 dan 30 tahun di Kementerian Agama.

Sementara Kepala Kanwil Kemenag Kaltim H Sofyan Noor mengungkapkan Kemenag diberi tugas dan kewenangan menjaga umat selalu hidup rukun melalui Pusat Kerukunan Beragama Kemenag.

Namun kita semua atau setiap orang berkewajiban menjaga dan menciptakan kerukunan umat melalui toleransi kehidupan beragama. Sesuai tema Hari Amal Bhakti Kemenag, Umat Rukun, Indonesia Maju,” jelasnya.

Keyakinan beragama oleh masing-masing umat beragama harus absolut.

Namun, ungkap Sofyan, setiap pemeluk agama harus menghormati dan menghargai pemeluk agama lain, sehingga tercipta harmonisasi dan toleransi kehidupan beragama, termasuk di Kaltim.

Bagaimana menurut Anda? Tulis pendapatmu di kolom komentar

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *