HARI GURU – Dayang: 50 Mahasiswa Kaltim Dilepas untuk Studi ke Rusia

Peringatan Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun PGRI ke- 71 tahun 2016 mengangkat tema “Membangkitkan Kesadaran Kolektif Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”, di Gedung Serba Guna GOR Sempaja, Selasa (22/11/2016).

Acara ini juga dirangkai Rembuk Pendidikan di Kaltim tahun 2016, penghargaan guru berprestasi dan berjasa, penyerahan Beasiswa Kaltim Cemerlang secara simbolis tahun 2016 dan pelepasan 50 mahasiswa perkeretaapian angkatan ke-3 ke Rusia.

dayang-budiati
Hj Dayang Budiati MM

Kepala Dinas Penddidikan Kaltim, Dra Hj Dayang Budiati MM dalam laporannya di hadapan Gubernur menyampaikan selain melepas 50 mahasiswa untuk menempuh pendidikan di Rusia, juga diserahkan beasiswa untuk pendidikan Doktor (S3) dengan jumlah seluruhnya 200 orang, untuk pendidikan Kedokteran sebanyak 350 orang, Fakultas Teknik baik Institut Teknologi Kalimantan (ITK), Fakultas Teknik Universitas Mulawarman, Politeknik Negeri Samarinda dan Balikpapan masing-masing 50 orang penerima beasiswa.

“Kita menerima kembali para mahasiswa yang telah selesai kuliah di luar negeri baik S3 maupun S2 yang hari ini kami serahkan kembali kepada Universitas Mulawarman, Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan juga perguruan tinggi swasta. Selain itu juga ada kerjasama Pemprov Kaltim dengan Polda Kaltim untuk pendidikan perwira khusus bagi daerah 3T (Terpencil, Terdepan dan Terluar),” ungkapnya.

Peringatan tersebut diawali dengan pembacaan sejarah singkat PGRI, Undang-Undang Dasar, Ikrar PGRI, hingga Kode Etik PGRI. “Dan kami berharap Pak Gubernur dapat melepas mereka, karena malam ini pukul 23:00 WITA para pelajar Kaltim yang lolos seleksi tersebut akan berangkat ke Rusia,“ jelasnya.

HUT PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2016 ini dihadiri dari unsur PGRI, Dewan Pendidikan, Tenaga Pendidik dan Kependidikan, mahasiswa serta siswa-siswi dengan jumlah enam ribu orang. (HK)

You may also like...

Sampaikan komentar terbaik Anda