Ini Dia Lima Calon Kuat Gubernur Kaltim

Setidaknya ada lima nama tokoh yang dianggap berpotensi untuk menjadi kandidat kuat gubernur Kaltim untuk lima tahun mendatang.

Mereka adalah Isran Noor, Syaharie Jaang, Rita Widyasari, Yusran Aspar, dan Rizal Effendi.

“Lima tokoh ini dianggap memiliki tingkat kapabilitasnya di atas 70 persen, dan perbedaan yang sangat tipis antara ke lima tokoh tersebut,” ungkap Direktur Eksekutif Indonesia Network Election Survey (INES), Widodo Edi Trisektianto dalam keterangan pers yang diterima wartawan, Sabtu (05/08/2017).

INES merilis hasil survei terhadap Calon Gubernur Kalimantan Timur pada Pilkada 2018 mendatang.

Survei dilakukan mulai 14 Juli sampai 25 Juli 2017 dengan jumlah sampel sebanyak 1639 responden.

Mereka tersebar di 7 kabupaten dan 3 kota di Kalimantan Timur.

Adapun tingkat kepercayaan confidence level sebesar 95 persen, dan Margin of Error +/- 2.24 persen.

Dengan Populasi Berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kalimnatan Timur pada Pilkada serentak 2015 sebesar 2.440.160 orang pemilih.

“Metode survei yang digunakan dalam survei ini adalah metode multi stage random sampling method atau metode sampel jenjang acak bertingkat,” ujarnya.

Hasil dari survei dengan metode wawancara tatap muka langsung ini antara lain 69,4 persen responden menjadikan dasar penilaian calon kepala daerah berdasarkan kapabilitas atau kemampuannya dalam memimpin.

Sedangkan 30,6 persen responden masih menjadikan jenis kelamin sebagai prioritas masyarakat dalam memilih calon kepala daerahnya.

Kemudian ada 34,3 responden yang memilih gubernur berdasarkan harapan agar calon pemimpinnya mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

“Kedua, calon yang bisa mengendalikan harga kebutuhan pokok. Persentasenya sebanyak 21,3 persen. Lalu yang ketiga, calon yang mampu menyediakan pendidikan gratis dengan persentase 18,4 persen. Keempat fasilitas kesehatan gratis 26 persen,” paparnya.

 

You may also like...

Sampaikan komentar terbaik Anda