Inikah Kandidat Kuat Calon Wawali Samarinda

Warga masyarakat Kota Samarinda tak lama lagi akan memiliki Wakil Walikota baru pasca meninggalnya Nusyirwan Ismail.

Hasil penjaringan Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kalimantan Timur, terdapat lima nama bakal calon.

Seperti diketahui almarhum merupakan kader NasDem.

Makanya kemudian, partai pimpinan Surya Paloh ini berhak menempatkan sosok pengganti.

Sebelumnya, ada 11 orang pendaftar tapi satu orang dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Nah, sepuluh kontestan itu selanjutnya disaring melalui tes dengan metode wawancara.

Hasilnya, hanya lima orang yang lolos.

Nama-nama kandidat wawali tersebut yakni Saefuddin Zuhri (Bendahara NasDem Kaltim), Fatimah Asyari (Sekretaris NasDem Kaltim), Dayang Donna Faroek (putri Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak), Hermanto (birokrat), dan Muslimin (tokoh pemuda).

Dari kelima nama itu, hanya ada dua kader NasDem yakni Saefuddin Zuhri dan Fatimah Asyari.

Apakah dua figur ini merupakan kandidat kuat?

Entahlah, karena yang jelas untuk menentukan siapakah yang tepat menempati kursi orang nomor dua di Kota Tepian, maka kelima tokoh di atas akan menjalani seleksi lanjutan di DPP NasDem, Jakarta.

Ketua DPW Partai NasDem Kaltim, Harbiansyah Hanafiah di Samarinda mengatakan, tahapan seleksi lanjutan akan menjadi penentu bakal calon wakil wali kota (bacawawali) yang akan diusulkan kepada DPRD Samarinda.

Harbiansyah akan ikut mendampingi ke Jakarta untuk bertemu langsung dengan tim tujuh Partai NasDem yang bertugas menyeleksi.

Adapun finalisasi bacawawali Samarinda ini murni kewenangan DPP.

DPW Kaltim akan menjalankan apapun yang menjadi keputusan pusat.

ā€œKami hanya melaksanakan penjaringan tahap awal, mulai pendaftaran hingga seleksi wawancara, sedangkan pendalaman dan hal teknis lainnya merupakan kewenangan DPP Partai NasDem,ā€ tegasnya.

Ketua OKK DPP Partai NasDem, Sri Sajekti Sudjunadi atau yang akrab disapa Jeannette Sudjunadi menjelaskan, seleksi lanjutan terhadap kelima bakal calon merupakan pendalaman dari tes wawancara yang dilaksanakan sebelumnya.

Ia mengatakan bahwa aspek pendalaman pengetahuan dan kemampuan para calon terutama berkaitan dengan visi dan misinya untuk kemajuan Kota Samarinda.

Lebih jauh dijelaskan Jeannette, ke lima bakal calon juga akan diminta untuk melakukan komunikasi politik, baik dengan partai pengusung, termasuk juga dengan anggota DPRD Samarinda.

ā€œKami juga ingin tahu sejauh mana komunikasi politik yang dijalin para bakal calon, mengingat proses pergantian antar waktu wakil wali kota ini menurut konstitusi diusulkan oleh partai pengusung ke DPRD untuk dipilih,” jelasnya dalam keterangan di situs resmi NasDem.

Namun pihaknya belum bisa memastikan terkait dengan pengumuman resmi satu atau dua nama yang akan diusung oleh Partai NasDem.

Jeannette berharap proses demokrasi yang dilakukan Partai NasDem bisa melahirkan pemimpin yang berkualitas, peduli terhadap rakyat dan mampu bersinergi dengan anggota parlemen serta juga partai politik.

You may also like...

Sampaikan komentar terbaik Anda