Inilah Hasil Riset Pihak Lion Air di Kota Samarinda

Setelah diresmikan Presiden Joko Widodo, Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto (APT) Samarinda menjadi harapan masyarakat Kalimantan Timur, khususnya Kota Samarinda dan sekitarnya.

Menangkap peluang itu, Lion Air Group akan membuka banyak penerbangan langsung dari Samarinda ke kota-kota besar di Indonesia.

Manajer Marketing and Sales Lion Air Group Ary Azhari mengatakan, Nopember ini maskapai Batik Air akan terbang langsung ke Makassar dan Cengkareng.

Berdasarkan riset pasar yang dilakukannya, penerbangan dari dan menuju Samarinda paling banyak untuk kebutuhan bisnis, pemerintahan, dan kunjungan keluarga.

Selama ini masyarakat sangat sulit melakukan perjalanan lantaran harus mengakses jalur darat selama 3 jam dari Samarinda ke Balikpapan untuk menuju Jakarta atau kota besar lainnya.

“Kami memotong waktu perjalanan dengan sangat singkat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar Samarinda seperti Kutai, Bontang, dan Tenggarong,” kata Ary kepada Harian Nasional di Jakarta, Minggu (11/11/2018).

Menurut dia, beberapa rute kota lain akan dibuka dalam waktu dekat seiring permintaan penumpang. Ary mengatakan, banyak rute potensial seperti Samarinda-Surabaya.

Bahkan maskapai Wings Air dan Lion Air akan mengikuti jadwal penerbangan yang dibuka Batik Air untuk mengisi kekosongan rute.

“Lion Air dan Wings Air lagi proses (izin) penerbangan dari Samarinda,” ujarnya.

Wings Air potensial melayani rute Samarinda-Berau dan Samarinda-Tarakan. Lion Air segera membuka rute Samarinda-Cengkareng, Surabaya, Palangkaraya, dan Banjarmasin untuk pilihan jadwal dan harga yang efisien dengan penerbangan berbiaya murah.

“Sambil dilihat potensi ke depan karena banyak daerah yang masih terisolasi. Artinya selama ini masih harus ke Balikpapan,” kata dia.

Warga Kutai Kartanegara, Ahmad Rianto mengatakan sangat terbantu dengan pembukaan penerbangan tersebut.

Selama ini, masyarakat Kutai Kertanegara membutuhkan sekitar tiga jam menuju Bandara Balikpapan.

Belum lagi perjalanan dari Kutai Barat, Bontang, dan Kutai Timur.

Selama ini sewa mobil dari Samarinda menuju Balikpapan sekitar Rp 300 ribu.

“Sangat menghemat waktu, tenaga, dan biaya,” ujarnya.

Bagaimana menurut Anda? Tulis pendapatmu di kolom komentar

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *