Jalur Kaltim – Kalteng Longsor

Akibat curah hujan yang cukup tinggi, jalan lintas yang menghubungkan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) – Simpang Barito, Kabupaten Barito Utara (Barut), Kalimantan Tengah (Kalteng) mengalami longsor dan kerusakan.

Setidaknya ada sekitar empat titik kerusakan longsor akibat terjangan hujan yang deras di wilayah tersebut.

Adapun kerusakan itu terjadi di sebanyak satu titik berada di kawasan Liang Duah, daerah kawasan Lampanang sebanyak dua titik yang terlihat makin parah akibat longsor.

Longsor itu menggerus sekitar 50 meter dan kedalaman sekitar 1 cm.

“Akibatnya, turap yang dikerjakan oleh. PT Prestasi pada tahun anggaran 2015 lalu rusak,” kata Agus, salah satu sopir truk dilansir Barito Raya Post, Minggu (10/12/2017).

Kerusakan juga berada pada link Leman Jaya yang dibuat pada tahun anggaran 2016 lalu. Ruas tersebut terlihat berongga, sehingga mobil besar diyakini oleh warga akan tidak bisa lewat.

Rusaknya jalan akibat longsor ini juga menyebabkan buruh panen sawit kesulitan. Mereka kesulitan dalam mengangkut hasil panen sampai pada wilayah yang ditetapkan.

“Para buruh mengeluh tidak bisa mengangkut hasil produksinya. Longsor ini sudah makan badan jalan. Kondisinya sudah semakin parah sekali. Kami minta kepada instansi terkait dan Pemerintah Daerah (Pemda) agar segera mengambil sikap agar tidak memutuskan mata rantai ekonomi dan memakan korban jiwa,” kata Agus.

You may also like...

Sampaikan komentar terbaik Anda