Kado HUT ke-62, Begini Rencana Pertamina di Samarinda dan Balikpapan Dukung IKN

Dalam momen HUT ke-62 tahun ini, Pertamina melakukan sinergi dengan sejumlah BUMN untuk terus memperkuat keandalan distribusi energi ke seluruh pelosok negeri.

Sinergi tersebut tertuang dalam kesepakatan kerjasama Pertamina dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, dan PT PGN Tbk .

Penandatanganan MoU kerjasama Sinergi BUMN dihelat di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (09/12/2019).

Khusus di Kalimantan, Pertamina berencana membangun pipa BBM yang akan menghubungkan Kilang RU V Balikpapan hingga TBBM Samarinda, terutama untuk mendukung rencana pemindahan ibu kota negara (IKN) dan jalur pipa gas ruas Sanipah-Balikpapan.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan Pertamina berkomitmen selalu meningkatkan keandalan distribusi BBM dan gas di seluruh Tanah Air dengan terus meningkatkan pembangunan infrastruktur energi di seluruh wilayah Indonesia.

“Kerjasama ini sebagai upaya Pertamina untuk terus meningkatkan ketahanan dan kemandirian energi nasional serta sekaligus meningkatkan keandalan distribusi energi ke seluruh pelosok negeri, sehingga akan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional di berbagai sektor,” ujar Nicke, dikutip dari rilis Pertamina, Rabu (11/12/2019).

Menurut Nicke, kerjasama dengan sejumlah BUMN ini merupakan kado indah pada HUT ke-62 Pertamina.

Pertamina akan memperoleh benefit berupa percepatan pembebasan lahan, yang menjadi salah satu tahapan terbesar dalam pembangunan infrastruktur energi.

Beberapa pipa yang akan dibangun, akan lebih memudahkan Pertamina dalam melakukan distribusi BBM yang lebih aman dan juga lebih andal.

“Pembangunan pipa ini akan memperkuat keandalan pasokan BBM dan gas di Jawa, Sumatera dan Kalimantan serta akan mempercepat distribusi BBM ke masyarakat, sehingga tidak ada lagi yang namanya kelangkaan. Dengan menggunakan pipa ini, pasokan BBM di daerah tersebut juga akan lebih terjamin,” imbuh Nicke.

You may also like...

Sampaikan komentar terbaik Anda