Kak Andi Harun dan Kak Rusmadi Dilantik Pimpin Pramuka, Langsung Bantu Anak Korban Covid-19

Wali Kota Samarinda, Andi Harun dikukuhkan dan dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) dan Wakil Wali Kota (Wawali) Rusmadi sebagai Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) periode 2021-2026, Sabtu (14/08/2021) siang.

Pengukuhan dan pelantikan Kak Andi Harun bersama pengurus Mabicab dilakukan Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Kaltim Hatta Zaenal.

Selanjutnya Kak Rusmadi bersama pengurus Kwarcab dilantik Ketua Mabicab Andi Harun di Aula Rumah Jabatan Wali Kota, dan secara virtual di Ruang Rapat Utama Balai Kota.

Sejumlah pengurus baru Kwarcab juga mengikuti prosesi ini melalui aplikasi Zoom.

Kita ketahui bersama, tantangan dan kondisi permasalahan generasi muda semakin hari semakin kompleks, sehingga diperlukan peran serta dari berbagai pihak termasuk di dalamnya peran Gerakan Pramuka. Hal ini sesuai dengan Satya Pramuka, Menolong Sesama Hidup dan Mempersiapkan Diri Membangun Masyarakat,” ucap Andi Harun dalam sambutannya.

Di samping itu, lanjutnya, tujuan mulia pendidikan kepramukaan untuk membentuk kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, memiliki kecakapan, taat hukum, dan disiplin.

“Ini jadi modal spirit untuk terus berkarya serta berbakti,” tandasnya.

Melalui pelantikan ini, kata dia, sebagai upaya memantapkan organisasi, sistem manajemen, dan sumber daya yang mampu membangkitkan kembali gairah kegiatan kepramukaan di tingkat cabang.

Ia juga berpesan agar selalu berkoordinasi dengan sesama pengurus dan anggota Mabicab dalam memajukan Gerakan Pramuka di Kota Samarinda.

Gerakan Pramuka adalah solusi pembangunan karakter dan watak pemuda yang berkepribadian serta berbudi pekerti luhur, sehingga pemuda yang berjiwa nasional akan terwujud,” ucap mantan Wakil Ketua DPRD Provinsi Kaltim dua periode ini.

Sementara Rusmadi mengatakan akan terus menambah jumlah pembina, meningkatkan kualitas pembina, termasuk pelatih.

Kita akan terus melakukan kegiatan yang sifatnya bisa memotivasi adik-adik kita yang lain untuk bersaing. Pertama untuk kepentingan diri pribadi anak-anak kita dan bagaimana adik-adik kita memiliki rasa peduli dan sensitivitas untuk menolong sesama temannya hingga lebih luas kepada masyarakat, tentu pula kepada lingkungan. Jiwa-jiwa ini pula yang menjadi tanggung jawab Pramuka,” ucapnya.

BANTU ANAK KORBAN COVID-19

Kemudian implementasi dari pesan Kwarnas pada peringatan Hari Pramuka, di mana lanjut Rusmadi bagaimana betul-betul melaksanakan kegiatan Pramuka berdasarkan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

Salah satu Tri Satya yang penting, selain takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menolong sesama hidup dan membangun masyarakat. Di saat Covid-19 ini, tidak menunggu lusa atau minggu depan, besok kita akan sudah melaksanakan kegiatan bakti, membantu sembako, kemudian obat-obatan. Terutama untuk adik-adik kita usia muda yang Covid-19 kemarin ditinggalkan orang tuanya. Kita lebih memilih kelompok sasaran kita, anak-anak yang ditinggal orang tuanya,” katanya.

Ia menyebut ada 200 paket yang disiapkan, namun rumah tangga anak-anak yang ditinggalkan sebanyak 40.

Tempatnya tersebar sesuai di mana rumah anak-anak tersebut yang ditinggalkan orang tuanya karena Covid-19,” pungkas Rusmadi sebagaimana dikutip dari Kominfo.

Sebelumnya pada rangkaian pelantikan, selain dilakukan penyerahan penghargaan, juga dilakukan penyerahan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dari Gerakan Pramuka Kwarnas yang secara simbolis disampaikan Ketua Kwarda Kaltim Hatta Zaenal kepada Ketua Mabicab dan Ketua Kwarcab Samarinda. (*/mh)

You may also like...

Sampaikan komentar terbaik Anda