Kaltim Juara 1 Nasional Cerdas Cermat Empat Pilar MPR, Disambut Meriah di Bandara

Para pelajar Provinsi Kalimantan Timur kembali menorehkan tinta emas di pentas nasional.

Kali ini kabar membanggakan tersebut datang dari Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Tenggarong yang menjadi juara nasional Lomba Cerdas Cermat (LCC) Empat Pilar MPR Tahun 2019.

Para siswa-siswi dari Kabupaten Kutai Kartanegara itu berhasil mengungguli SMAN 1 Brebes (Jawa Tengah) dan SMAN 2 Sampit (Kalimantan Tengah) dalam grand final LCC Empat Pilar MPR di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Minggu (03/11/2019).

Atas prestasi ini, jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim mengapresasi dengan melakukan penyambutan langsung di Bandara APT Pranoto, Selasa (05/11/2019).

Tampak jelas binar bangga bercampur bahagia di wajah para pejabat Disdikbud Kaltim beserta sejumlah staf.

“Ini merupakan indikator atau pencapaian berdaya saing Kaltim sebagaimana program prioritas Pak Gubernur yang lambat laun akhirnya tercapai, buktinya para pelajar kita ini berhasil menjadi juara nasional,” ungkap Sekretaris Disdikbud Kaltim, Drs Jhoni Topan di sela acara penyambutan.

Lebih lanjut ia mengatakan, aspek pembinaan dan pelatihan tentunya akan terus ditingkatkan lagi.

“Insya Allah dengan pembinaan yang cukup dan latihan memadai, itu akan memberikan hasil yang optimal,” tukasnya.

Dalam penyambutan yang cukup meriah ini, hadir pula Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Khusus Disdikbud Kaltim, Dra Healthyana Marta Mou MSi

Sementara itu, Sri Sahid Adwiniyem, guru pembimbing SMAN 1 Tenggarong, mengungkapkan sudah mempersiapkan sejak setahun lalu untuk ajang ini.

Persiapan dilakukan mulai dari seleksi para siswa dan memberikan materi seperti Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, Ketetapan MPR, wawasan nusantara (nama-nama pahlawan nasional, tarian daerah, dan lainnya). 

“Pemberian materi dilakukan setelah pelajaran di sekolah, bahkan liburan pun digunakan untuk menguasai materi,” ujarnya.

KETAT

Sedangkan Asyifa Idnu Rahmah, salah seorang siswi yang mewakili SMAN 1 Tenggarong,  mengaku terharu dengan kemenangan sebagai juara pertama.

“Alhamdulillah, kami berhasil membawa Kaltim menjadi juara nasional,” ucapnya.

Ia bercerita, timnya berhasil menjadi juara pertama setelah meraih poin 199, diikuti SMAN 2 Sampit yang meraih poin 172 sebagai juara kedua, dan SMAN 1 Brebes dengan nilai 160 di tempat ketiga.

Grand Final LCC Empat Pilar MPR ini memang berlangsung cukup ketat.

SMAN 1 Tenggarong sempat tertinggal pada babak pertama dan kedua, namun berhasil merebut poin pada babak ketiga.

Bagaimana menurut Anda? Tulis pendapatmu di kolom komentar

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *