Kaltim Terima 11 Laporan, 6 Negatif Corona, 5 Masih Tunggu Hasil Lab

Di Provinsi Kalimantan Timur hingga kini belum ditemukan ada satupun pasien suspect (terduga) virus corona (Covid 19) yang dinyatakan positif.

Demikian disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kaltim, Andi M Ishak, Selasa (03/03/2020).  

Penegasan ini sekaligus meluruskan informasi yang beredar di masyarakat baik melalui media konvensional, media online maupun media sosial yang menyebutkan virus corona sudah ‘berkeliaran’ di beberapa daerah di Kaltim.

“Untuk Kalimantan Timur, hingga saat ini belum ada pasien yang terkonfirmasi positif Covid 19,” tegas Andi Ishak sebagaimana rilis Humas Pemprov Kaltim.

Diungkapkan, hingga Selasa, 3 Maret 2020, di Kalimantan Timur terdapat 11 laporan kasus terkait Covid 19 dengan rincian 8 kasus dalam pengawasan, 2 kasus dalam pemantauan dan 1 discharded.

Laporan pertama diterima pada 30 Januari 2020 dari Kabupaten Berau.

Dua warga negara asing berkebangsaan India dirawat di Rumah Sakit Abdul Rivai Tanjung Redeb, Berau.

Setelah diberikan pelayanan kesehatan sesuai pedoman kewaspadaan penyakit Covid 19, keduanya dinyatakan bukan terinfeksi Covid 19.

“Dari sebelas kasus yang dilaporkan, baik suspect pemantauan maupun pengawasan, hingga saat ini belum ada satu pun yang terkonfirmasi sebagai corona. Gejalanya seperti corona, tapi sesungguhnya itu gejala penyakit biasa,” jelas Andi Ishak.

Sampai saat ini ungkap Andi Ishak, masih ditunggu 5 konfirmasi hasil laboratorium dari Balitbangkes Kementerian Kesehatan di Jakarta (Satu-satunya lembaga resmi pemerintah yang ditunjuk untuk memberikan hasil laboratorium Covid 19).

Yakni 4 dari Balikpapan dan 1 dari Berau.

“Enam hasil lab yang sudah kami terima, semuanya negatif. Jadi tidak benar kalau dikatakan sudah ada korban corona di Kaltim,” tegas Andi Ishak.

Meski belum ada satu pasien pun terkonfirmasi positif coronavirus, namun Dinkes Kaltim dan Kabupaten/Kota terus melakukan kewaspadaan penyebaran Covid 19.

Empat rumah sakit telah disiapkan menjadi rujukan penanganan kasus Covid 19 ini.

Mulai dari RSUD AW Syahranie Samarinda, RSUD Kanudjoso Balikpapan, RumahSakit Panglima Sebayang di Tanah Grogot dan RSUD Kota Bontang.

You may also like...

Sampaikan komentar terbaik Anda