KPK: Rita Sudah Sejak Lama Tersangka

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo menyebut, Bupati Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rita Widyasari telah ditetapkan sebagai tersangka sejak beberapa hari yang lalu.

“Kita pokoknya sudah tetapkan tersangkanya beberapa hari yang lalu tapi saya lupa tanggalnya berapa,” ujar Agus di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (26/9/2017).

Agus mengungkapkan, pihaknya sengaja tak langsung mengumumkan penetapan tersangka terhadap Rita karena masih membiarkan anak buahnya untuk bekerja di lapamgan guna mencari bukti-bukti guna menguatkan status tersangka.

Agus pun masih enggan menjelaskan detail kasus yang menyeret Ketua DPD Partai Golkar Kalimantan Timur itu. Ia menyerahkan kepada Juru Bicara KPK untuk mengumumkan kepada awak media.

“Biar anak-anak bekerja dulu di lapangan nanti biar mas Febri sebagai humas detail perkaranya apa jadi tunggu mas Febri saja ya,” tutur Agus.

Sebelumnya, KPK melakukan kegiatan penindakan berupa penggeledahan di beberapa lokasi di lingkungan Pemkab Kutai Kartanegara, salah satunya yakni rumah dinas Bupati Kutai Kertanegara Rita Widyasari.

‎Penggeledahan tersebut berkaitan dengan dugaan tindak pidana korupsi.

Informasi yang beredar korupsi diduga terkait perizinan perkebunan dan pembangunan pusat perbelanjaan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Rita diduga melakukan tindak pidana gratifikasi tersebut bersama-sama dengan Khairudin selaku Komisaris PT MBB.

Adapun gratifikasi tersebut bertentangan dengan jabatannya dan yang berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya.

“Detail kasusnya apa dan hubungannya dengan siapa nanti akan kita umumkan lewat mas Febri,” ujar Agus.

Agus memastikan kasus ini bukanlah hasil dari Operasi Tangkap Tangan (OTT), melainkan berdasarkan pengembangan kasus.

“Bukan, bukan OTT ini, kalau sudah ditetapkan jadi tersangka kita punya hak untuk melakukan penggeledahan dan penyitaan juga,” tutur Agus.

You may also like...

Sampaikan komentar terbaik Anda