Kunjungi SPN dan Polres di Kaltim, Kompolnas Bicara Generasi Milenial

Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Ir Dede Farhan Aulawi SE MM melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur, belum lama ini.

Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kaltim merupakan salah satu lokasi yang dikunjungi komisioner dari unsur tokoh masyarakat tersebut.

Usai bertemu Kapolda dan Karo SDM, Tim Kompolnas langsung meluncur ke SPN.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala SPN juga menyampaikan rencana pindah lokasi ke wilayah Kabupetan Kutai Kartanegara.

Sedangkan Dede Farhan Aulawi dalam arahannya mengatakan tantangan Polri ke depan dipengaruhi banyak faktor lingkungan strategis, termasuk perubahan nalar generasi milenial yang semakin cerdas, kritis dan berbasis teknologi mutakhir.

“Oleh karena itu banyak hal yang perlu disikapi secara cermat, seperti pembaruan kurikulum melalui proses evaluasi yang komprehensif,” ujarnya.

Termasuk pengakuan jabatan dan tunjangan fungsional Tenaga Pendidik (gadik) yang harus ditingkatkan, agar menambah semangat dan merasa lebih dihargai.

Selepas dari SPN, Tim Kompolnas bergerak ke beberapa Polres.

Mulai dari Polres Balikpapan, Polres Samarinda, Polres Kukar dan Polres Bontang.

MUTU LULUSAN

Kegiatan di polres-polres tersebut pada dasarnya untuk mendapatkan feedback terkait mutu lulusan SPN yang sudah ditempatkan dan bekerja di polres.

Umpan balik (feedback) ini dianggap penting untuk mengetahui apa yang dianggap masih kurang, dan apa yang harus ditingkatkan.

Pada kesempatan tersebut tentu saja terbangun dialog dan diskusi yang interaktif.

“Juga ada beberapa masukan dan saransaran perbaikan agar ke depan mutu lulusan SPN bisa lebih lagi. Parameter yang sering menjadi sorotan Kompolnas adalah halhal yang terkait dengan disiplin, rasa tanggung jawab, pengendalian emosi, respek terhadap senior atau atasan, dan lainlain,” ungkap Dede.

Tak lupa ia berpesan agar seluruh anggota Polri bisa bekerja lebih semangat lagi, lebih ikhlas lagi, dan harus tahan uji terhadap segala godaan yang bisa merusak marwah dan kehormatan institusi.

Ia yakin semua bisa dan harus terus berubah menuju ke arah yang lebih baik lagi.

(Sumber: Kompolnas)

Bagaimana menurut Anda? Tulis pendapatmu di kolom komentar

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *