Lantik Komisi Informasi, Wagub Ajak Perangi Hoax

Wakil Gubernur Kalimantan Timur, H Hadi Mulyadi melantik dan mengambil sumpah jabatan anggota Komisi Informasi (KI) Provinsi Kalimantan Timur masa bakti 2020-2024.

Acara pelantikan digelar di Ruang Serbaguna Kantor Gubernur Kaltim, Sabtu (07/11/2020).

Lima anggota Komisi Informasi Kaltim yang dilantik terdiri Imran Duse, M Khaidir, Erni Wahyuni, Ramon D Saragih dan Indra Zakaria.

Hadi Mulyadi mengatakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan komisioner Komisi Informasi Kaltim ini merupakan salah satu wujud implementasi UU Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan publik.

Melalui UU ini, lanjut Hadi, keberadaan Komisi Informasi diharapkan mengawal keterbukaan informasi publik juga memberikan stimulan pembangunan yang transparan dan demokratis, dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi.

Hadi juga mengatakan dilantiknya anggota Komisi Informasi Kaltim mengemban amanah agar berperan aktif dalam memerangi berita hoax yang dapat meresahkan masyarakat.

“Kepada kelima anggota KI yang telah dilantik, saya harapkan bisa bekerja semaksimal mungkin membangun Kaltim sesuai dengan tugas dan fungsinya, termasuk memerangi berita hoax yang berkembang di tengah masyarakat,” tegas Hadi.

Hadi mengharapkan Komisi Informasi serta kerjasama dengan seluruh stakeholder termasuk masyarakat untuk aktif memerangi berita hoax yang tidak menguntungkan bagi semuanya.

“Kesadaran itu penting dengan mengolah informasi sebaik mungkin. Jadi jangan cepat-cepat share tanpa ada analisa yang cukup, baik berita dalam negeri dan luar negeri. Apalagi berita-berita yang sifatnya personal, itu tidak baik,” pesannya.

Terkait berita-berita hoax yang berkembang di masyarakat, Hadi mengingatkan agar masyarakat harus pintar membaca dan menyeleksi berita yang diterima dengan baik sehingga tidak mudah terpengaruh. (hms)

You may also like...

Sampaikan komentar terbaik Anda