Mulai Pagi Ini Tol Balsam Dibuka Untuk Umum, Begini Pesan Penting dari Jasa Marga

Dua hari setelah diresmikan Presiden Joko Widodo, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) Seksi Samboja-Samarinda dibuka untuk pengguna pada hari ini Kamis 19 Desember 2019 pukul 06.00 WITA.

Direktur Utama PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) S.T.H Saragi menyatakan bahwa jalan tol ini untuk sementara waktu dioperasikan tanpa tarif sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat.

“Jalan tol pertama di Kalimantan ini akan dibuka untuk pengguna jalan pada Kamis (19 Desember 2019, red) pagi dan masih dioperasikan tanpa tarif,” ujar Saragi, dalam keterangan tertulisnya, dikutip pada Kamis (19/12/2019).

Saragi juga berpesan kepada masyarakat, walaupun tanpa tarif, pengguna jalan tetap harus menyiapkan uang elektronik dan kecukupan saldonya sebelum memasuki gerbang tol (GT).

“Pengguna jalan wajib membawa uang elektronik karena walaupun dapat mengakses jalan tol tanpa tarif, pengguna jalan tetap harus melakukan tap uang elektronik di gerbang tol,” katanya mengingatkan.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda beroperasi dengan sistem transaksi tertutup, yaitu tarif tol dikenakan proporsional (sesuai jarak).

Untuk itu, Saragi menegaskan pentingnya penggunaan satu uang elektronik yang sama dalam satu transaksi.

“Uang elektronik yang digunakan pengguna jalan saat melakukan tap-in di GT masuk (entrance) harus sama dengan yang digunakan saat tap-out di GT keluar (exit). Saat di gardu masuk, pengguna jalan tol akan memperoleh data asal dan golongan kendaraan sedangkan di gardu keluar pengguna jalan akan melakukan pembayaran tol sesuai asal tujuan dan memperoleh tanda terima,” tutur Saragi.

Dengan dioperasikannya Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi Samboja-Samarinda sepanjang 58,7 Km ini, pengguna jalan dapat mengakses jalan tol melalui dua GT yaitu GT Samboja dan GT Palaran.

“Jika mengalami gangguan perjalanan atau keadaan darurat lainnya, pengguna jalan dapat mengakses Call Center Jasa Marga 14080 atau Call Center PT JBS untuk Jalan Tol Balikpapan-Samarinda di nomor 0811 599 0800,” ucap dia.

You may also like...

Sampaikan komentar terbaik Anda