Pas Hari Konsumen Nasional, Internet Telkomsel Malah Lelet

Jaringan internet lelet atau lemot memang bukan hal yang baru. Namun Telkomsel mengalami gangguan massal, Kamis (20/04/2017). Padahal, tepat di tanggal hari ini kebetulan diperingati sebagai Hari Konsumen Nasional.

(foto: Twitter)

Akibat gangguan tersebut, para konsumen mengalami kesukaran terhubung ke dunia maya, karena koneksi sangat lambat. Hingga berita ini ditulis malam ini, jaringan internet operator plat merah tersebut dirasakan belum sepenuhnya pulih.

Situs twitter misalnya, meski masih bisa diakses, namun waktu loading lebih lama dari biasanya. Lini masa jejaring sosial microblogging inipun dibanjiri keluhan para pengguna layanan Telkomsel. Sejumah warga Kota Samarinda juga melaporkan gangguan ini.

“Kalau nggak salah sekitar jam tigaan tadi internetnya mulai lelet,” ujar Andre, seorang PNS Pemkot Samarinda. Hal senada juga disampaikan Rahim, guru sebuah SMK swasta di kawasan Samarinda Utara. “Kata teman saya di Jakarta, sama juga gangguan,” tuturnya.

Penjelasan dari akun Twitter resmi Telkomsel, @Telkomsel disampaikan bahwa indikasi gangguan jaringan terjadi di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta, Jawa Timur, Bali Nusra, Kalimantan, Sulawesi, serta Maluku.

Namun pihak Telkomsel memastikan gangguan ini tengah ditangani. “Sehubungan dengan terjadinya gangguan jaringan Telkomsel di beberapa wilayah hari ini, kami mohon maaf sebesar-besarnya karena menyebabkan ketidaknyamanan bagi pelanggan,” terang Vice President Corporate Communication Telkomsel, Adita Irawati melalui keterangan resmi pada KompasTekno.

“Saat ini Kami terus mengupayakan secara maksimal untuk memperbaiki jaringan serta melakukan koordinasi dengan berbagai pihak agar  gangguan  dapat segera diatasi sehingga pelanggan dapat kembali menggunakan layanan komunikasi khususnya layanan data dengan normal,” imbuhnya.

Sementara itu, Head of Media Relation Telkomsel, Aldin Hasyim menambahkan, gangguan ini menyebabkan adanya degradasi pada layanan internet. “Ya betul, ada gangguan teknis. Kami pakai link untuk back up. Tapi karena trafik tinggi, kapasitasnya kurang cukup. Jadi ada degradasi pada koneksi internet,” ujarnya dilansir Liputan6.com, Kamis (20/4/2017).

Kendati demikian, ia memastikan layanan lainnya, yakni SMS dan suara tetap berjalan normal. “Tim kami saat ini sedang mengatasi gangguan teknis tersebut. Mudah-mudahan dalam beberapa waktu ke depan sudah kembali normal.” (mh)

 

You may also like...

Sampaikan komentar terbaik Anda