Pembelajaran Online, MTs Sulaiman Yasin Gunakan Google Classroom

Madrasah Tsanawiyah (MTs) Sulaiman Yasin Samarinda memastikan untuk menerapkan pembelajaran online atau e-learning dalam memulai Tahun Pelajaran 2020/2021 ini.

Demikian disampaikan Kepala Sekolah, Drs Yusniansyah melalui Humas, Khairuddin kepada HarianKaltim.com, Minggu (12/07/2020).

Dalam pelaksanaannya, sekolah yang beralamat di Jalan Lambung Mangkurat Gang 6 ini akan menggunakan dua tool sebagai perangkat lunak Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).     

“Kami  rencananya memakai Google Classroom dan Whatsapp,” ujar Khairuddin.

Hal ini sesuai hasil rapat pada Jumat 10 Juli 2020 lalu.

Pertemuan itu dipimpin kepala sekolah dan dihadiri seluruh dewan guru.

Google Classroom sendiri sejatinya adalah sebuah layanan dari raksasa teknologi Google agar KBM bisa lebih efisien dan juga menghemat penggunaan kertas.

Platform Learning Management System (LMS) ini didesain untuk membantu para pengajar membuat dan memberikan tugas kepada peserta didiknya secara paperless.

Khairuddin menyampaikan, dalam rapat juga dipaparkan bahwa perubahan ini berkaitan adanya larangan tatap muka oleh Pemkot.

Sebelumnya, KBM sempat direncanakan tatap muka 2 hari per minggu untuk setiap level kelas.  

“Jadi kami ubah dengan melakukan pembelajaran online,” katanya.

MATSAMA

Selain KBM, MTs Sulaiman Yasin juga akan menggelar orientasi siswa baru secara online.

Kegiatan tersebut berlabel Matsama (Masa ta’aruf siswa madrasah).

“Matsama ini juga online, berlangsung selama 3 hari, dari Senin sampai Rabu, mulai tanggal 13 Juli besok. Untuk Matsama kami akan menggunakan aplikasi Youtube,” terangnya.

Dikatakan, rangkaian kegiatan Matsama dipimpin langsung Ketua panitia PPDB, Laila SAg  bekerja sama dengan Waka Kesiswaan, Ahmad Paidillah SAg.

You may also like...

Sampaikan komentar terbaik Anda