Penyelesaian Sisa Pekerjaan Proyek Tol Balsam Terhambat Penurunan Tanah

Proyek pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda hingga kini masih dalam penyelesaian.

Pekerjaan yang tersisa yakni seksi 5 ruas Sepinggan-Balikpapan (Km 13) dan seksi 1 ruas Balikpapan (Km 13)-Samboja.

Untuk memastikan progres penyelesaian, Dewan Komisaris dan Direksi PT Jasa Marga melakukan kunjungan lapangan, Kamis (08/10/2020).

Demikian siaran pers yang dikutip HarianKaltim.com, Jumat (09/10/2020).

Hadir dalam kunjungan tersebut Komisaris Independen Jasa Marga Adriansyah Chaniago dan Anggota Komite Audit Imbuh Sulistyarini, didampingi Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur dan Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga Arsal Ismail.

Untuk seksi 5 ruas Sepinggan-Balikpapan (Km 13) sepanjang 11,09 Km dan seksi 1 ruas Balikpapan (Km13)-Samboja sepanjang 22,03 Km.

Sedangkan pembebasan lahannya telah mencapai 99,95 persen dan progres konstruksi telah mencapai 99,61 persen.

Penyelesaian sisa pekerjaan mengalami sedikit hambatan berupa penurunan tanah pada beberapa lokasi.

Direktur Utama PT Jasamarga Balikpapan-Samarinda (JBS), S.T.H Saragi menjelaskan, hingga saat ini masih dilakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat untuk menyelesaikan sisa pekerjaan konstruksi pada ruas jalan tol yang merupakan konstruksi bagian dukungan Pemerintah (Seksi 1 dan Seksi 5).

“Pada dasarnya, kita terus berkoordinasi untuk mendapatkan rekomendasi dari Bina Marga dan Pemerintah Provinsi terkait penyelesaian ranah yang menjadi tanggung jawab Pemerintah di seksi 1 dan 5, contohnya penyelesaian geoteknik untuk memastikan kestabilan tanah, agar selanjutnya bisa kita lakukan perkerasan di atasnya, tambah Saragi.

Seluruh sisa proyek seksi 5 dan 1 ditargetkan dapat selesai pada triwulan II tahun 2021 dengan penyelesaian bertahap pada seksi I di akhir tahun 2020.

Komisaris Independen Jasa Marga Adriansyah meyakini bahwa dengan tersambungnya seluruh ruas mulai dari Sepinggan hingga Samarinda, akan semakin mempercepat arus pergerakan barang dan orang di wilayah Kalimantan Timur.

“Ketika nantinya sudah tersambung, jalan tol ini akan menghubungkan Bandara Sepinggan dengan berbagai titik lokasi strategis di Balikpapan dan Samarinda,” tutup Adriansyah.

Selain penyelesaian sisa proyek di seksi 1 dan 5, PT JBS juga tengah menyelesaikan pembangunan rest area di Km 36, baik arah Samarinda, maupun Balikpapan.

Saat ini telah terbangun masjid dan toilet di rest arah kedua arah yang dapat digunakan pengguna jalan. secara bertahap akan terus dikembangkan dengan menyediakan tenant-tenant makanan dan UMKM serta fasilitas pendukung lainnya.

Secara keseluruhan, Jalan Tol Balikpapan Samarinda memiliki total panjang 97,99 Km yang dibagi menjadi lima seksi, yaitu Seksi V ruas Sepinggan (11,09 Km) – Balikpapan (Km 13), Seksi I ruas Balikpapan (Km 13) – Samboja (22,03 Km), Seksi II ruas Samboja – Muara Jawa (30,98 Km), Seksi III Muara Jawa – Palaran (17,30 Km) dan Seksi IV Palaran – Samarinda (16,59 Km).

You may also like...

Sampaikan komentar terbaik Anda