Satlantas Samarinda Bagikan Masker ke Ojek Online

Satlantas Polresta Samarinda, Kalimantan Timur, membagikan masker gratis kepada para pengemudi ojek online, Rabu (08/04/2020).

Kasat Lantas Kompol Erick Budi Santoso mengatakan pembagian ini karena  profesi mereka erat kaitannya dengan aktivitas lalu lintas.

Selain itu, profesi ojol juga masuk dalam lima kategori rawan penularan wabah.

“Menurut pemerintah ada lima profesi rentan, yakni tenaga medis atau dokter, petugas TNI/Polri di lapangan, para pengemudi ojek online, pekerja harian seperti petugas kebersihan dan para office boy,” katanya.

Tak lupa ia memberikan imbauan kepada pengemudi ojek untuk lebih cerdas dalam menjalankan profesinya.

Kalau menerima order pastikan penumpang menggunakan masker, syukur-syukur kalau kendaraannya rajin disemprot disinfektan dan tak lupa menggunakan handsanitizer,” katanya.

Menurut Erick, kegiatan ini bertujuan untuk ikut menyukseskan program pemerintah dalam pemutusan mata rantai COVID-19.

Ditambahkan, selain memperketat akses masuk ke Kota Samarinda dengan melakukan pemeriksaan riwayat perjalanan, juga dilakukan pengecekan suhu tubuh serta penyemprotan disinfektan pada kendaraan yang melintas.

Ke depan, Erick juga mengharapkan angkutan umum semisal bus akan dikurangi jumlah muatannya, serta para penumpang akan diberikan jarak minimal untuk menempati kursi.

Pihaknya terus menyampaikan ajakan agar pengguna jalan menerapkan program jarak fisik.

Tak kalah pentingnya, imbauan kepada masyarakat yang hendak melakukan mudik menjelang bulan suci Ramadhan agar bisa mengurungkan niatnya.

“Atau bahkan membatalkan, yang gunanya agar kita tidak tertular dan menulari,” katanya. (ant)

You may also like...

Sampaikan komentar terbaik Anda