Satu Bus Penuh Bubuhan dari Banjar Harus Kecewa di Tenggarong

Selama libur natal dan tahun baru (Nataru) 2020, pihak UPTD Museum Mulawarman Provinsi Kaltim di Tenggarong menutup pelayanan kunjungan bagi masyarakat.

Kepala UPTD Museum Mulawarman Provinsi Kalimantan Timur, Joko Rukmono mengakui penutupan pelayanan kunjungan berkaitan upaya bersama mengantisipasi penyebaran dan penularan Covid-19 di Kaltim.

“Kita tutup sementara mas,” kata Joko Rukmono via WhatsApp, Rabu (30/12/2020).

Joko menjelaskan museum beberapa kali tutup buka, terhitung sejak pertengahan Maret di awal virus corona merebak di Kaltim.

Diceritakan Joko bahwa penutupan sesuai anjuran pemerintah terhitung sejak libur natal lalu (24 Desember) hingga 10 Januari 2021, berdasarkan Surat Edaran Nomor 440/7874/0641-II/B.Kesra tentang Anjuran Pelaksanaan Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 di Provinsi Kaltim.

“Padahal tanggal 26 hingga 31 Desember, biasanya ramai tamu ingin melihat Museum,” ujarnya.

Bahkan, Joko menambahkan ada kunjungan rombongan wisatawan satu bus penuh serta beberapa kendaran kecil dari Kalimantan Selatan pada 26 Desember lalu harus kecewa, sebab tidak dilayani karena museum tutup.

“Padahal kasihan mereka itu rombongan Bubuhan Banjar liburan ke Kaltim. Mereka dari jauh ingin masuk museum, tapi kami tidak bisa melayani,” Joko seraya menyampaikan permohonan maafnya.

Disebutkannya, selama masa pandemi Covid-19 hingga saat ini, retribusi yang diperoleh UPTD Museum Mulawarman turun signifikan.

“Kami hanya dapat Rp200 juta,” sebut Joko. (hms)

You may also like...

Sampaikan komentar terbaik Anda