Sembako Melonjak Jelang Natal dan Tahun Baru, Ikan Laut Naik Hampir 100 Persen

Harga sejumlah barang kebutuhan pokok di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, mengalami kenaikan cukup signifikan menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2018.

Berdasarkan pantauan di sejumlah pasar tradisional di Samarinda, Senin (18/12/2017), sejumlah komoditas seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan telur harganya naik hingga sekitar 30 persen dari sebelumnya.

Yasir, salah satu pedagang di Pasar Segiri Samarinda, mengatakan, harga bawang merah dan bawang putih mengalami kenaikan antara Rp5.000-Rp7.000 per kilogram.

Sementara Sobari, pedagang beras di Pasar Segiri, menambahkan bahwa harga beras kualitas premium meningkat sekitar Rp4.500 per kilogram.

“Untuk beras premium per 5 kilogram yang biasanya Rp76 ribu, sekarang naik menjadi Rp80.500. Tapi, untuk beras kualitas medium harganya masih stabil,” katanya.

Lonjakan harga cukup tinggi juga terjadi pada komoditas daging ayam dan ikan laut. Harga daging ayam yang biasa dijual Rp38.000 per ekor, kini menjadi sekitar Rp50.000 per ekor. Sedangkan ikan laut naik hampir 100 persen, dari semula Rp35.000 menjadi Rp50.000-Rp60.000 per kilogramnya.

Wakil Wali Kota Samarinda Nusyirwan Ismail dikonfirmasi terpisah mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan inspeksi ke sejumlah pasar untuk memastikan stok barang kebutuhan pokok menjelang Natal dan tahun baru dalam kondisi aman.

“Kenaikan harga ini disebabkan efek psikologis jelang Natal dan tahun baru, naiknya sekitar 20 persen,” kata Nusyirwan.

Pihaknya juga sudah menerima laporan dari sejumlah distributor bahwa ketersediaan stok bahan kebutuhan pokok cukup terjaga hingga akhir tahun.

“Untuk stok bahan makanan masih dalam kondisi aman, hanya saja sejumlah komoditas memang terjadi kenaikan harga, tapi masih terjangkau masyarakat,” tambah Wawali.

 

Bagaimana menurut Anda? Tulis pendapatmu di kolom komentar

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *