Senator Kaltim Sindir Pemerintah Soal Dana Desa Rp1 Miliar

Anggota Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Muhammad Idris menyindir realisasi bantuan dana desa yang digadang-gadang sebesar Rp1 miliar per desa per tahun di Indonesia.

Pertanyaan tersebut diapungkan Idris kepada sejumlah kepala desa saat kunjungan kerja Komite I DPD RI ke Kabupaten Wonogiri – Jawa Tengah, Senin (4/12/2017).

“Pertanyaan saya, sampai nggak, desa sampai terima Rp1 miliar dalam satu tahun, tidak? Sebab dari temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) belum ada temuan desa terima Rp1 miliar,” kata Idris dilansir Liputan.co.id.

Selain itu, Senator Kalimantan Timur itu juga mengkritik keras balik pernyataan banyak pihak yang menuding kalau desa tak mampu mengelola dana satu miliar.

“Justru ada pihak yang mencari kesalahan untuk dipersoalkan. Lebih baik, mari kita coba satu hingga tahun tahun ke depan, ada berapa desa yang bisa berjalan, berapa juga yang tidak. Kan sekarang ada tenaga pendamping desa,” tegas Idris.

Terakhir, kunker dalam rangka pengawasan DPD RI terhadap pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa itu juga menjelaskan persoalan kecemburuan tentang pemberian dana desa yang beda-beda untuk setiap desa di masing-masing provinsi di Indonesia.

“Intinya, setiap daerah pasti ada perbedaan. Sumatera, Jawa dan Sulawesi, pasti berbeda dengan Kalimantan dan Papua. Di pulau Jawa sendiri desanya dikit tapi masyarakatnya banyak. Tapi di Kalimantan, desanya banyak tapi masyarakatnya sedikit,” imbuh Idris.

You may also like...

Sampaikan komentar terbaik Anda