Soal Banjir, Dewan Apresiasi PU Kaltim

DPRD Provinsi Kalimantan Timur mendukung dan mengapresiasi upaya Pemerintah Provinsi setempat khususnya tim dari Dinas Pekerjaan Umum dan Bappeda mengupayakan penanggulangan banjir di beberapa daerah di Kaltim.

“Sejauh ini sudah luar biasa pemerintah provinsi membantu mengupayakan penanggulangan banjir, namun upaya tersebut tak cukup tanpa respon dari kabupaten/kota,” kata Ketua Komisi II DPRD Kaltim, Edy Kurniawan.

Ia mengatakan ada dua hal dalam upaya penanggulangan banjir yang perlu dilakukan yakni bagaimana meresapkan air kedalam tanah dan bagaimana mengalirkan ke laut atau ke sungai.

Menurutnya untuk Kota Balikpapan selama ini air yang tertampung dialirkan ke laut, padahal warga Balikpapan memerlukan air tanah.

“Warga masih kekurangan ketersediaan air tanah, sehingga Pemkot Balikpapan diharapkan bisa mengupayakan penyerapan air kedalam tanah,” kata Edy.

Kamudian di Kota Samarinda juga sering terjadi banjir.

Kedua pola sangat diperlukan bagi Samarinda, yaitu meresapkan air ke dalam tanah dan mengalirkannya ke laut.

WISATA SKM

Selain dua pola program tersebut Edy juga menyarankan untuk melakukan normalisasi  Sungai Karang Mumus (SKM) sekaligus dijadikan tempat pariwisata.

Dia yakin dengan mengubah kawasan SKM menjadi tempat wisata maka dengan sendirinya masalah-masalah lain akan teratasi.

Misalnya saja dengan mengubah menjadi tempat wisata maka warga akan enggan membuang sampah sembarangan.

“Untuk mengatasi banjir bukan hanya tanggung jawab pemerintah tetapi juga peran serta warga untuk menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan,” katanya.

Ia berarap kepada Pemerintah Kota Samarinda segera merespon keinginan Pemprov Kaltim untuk menanggulangi banjir, karena selama Pemkot belum serius.

“Kalau tidak kita dorong-dorong selalu ada berbagai macam alasan, masalah anggaran,  bingung programnya dan masalah-masalah lainnya,” ujar Edy Kurniawan.

Bagaimana menurut Anda? Tulis pendapatmu di kolom komentar

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *