Hari Air, PU Kaltim Bersama Warga dan Komunitas Bersihkan Sungai

Kondisi sebagian drainase dan sungai di Kota Samarinda hingga kini masih cukup memprihatinkan.

Sejumlah pihak pun belakangan turun langsung ikut membersihkan saluran air, bahkan hingga ke badan sungai.

Bukan hanya para aktivis lingkungan, tapi juga para pegawai pemerintahan ikut bergerak langsung ke lapangan.

Salah satunya kegiatan yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPR Pera) Kaltim, Kamis 21 Maret 2019.

Bertepatan dengan momen Hari Air Sedunia XXVII 2019, instansi yang dinakhodai Ir HM Taufik Fauzi MT ini menggelar aksi bersih-bersih di sungai Karang Asam kecil.

Anak Sungai Karang Mumus (SKM) tersebut selama ini disinyalir jadi biang kerok banjir di kawasan Jalan Pangeran Antasari.

Bagusnya, bubuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) itu tak sendiri.

Mereka menggandeng masyarakat, termasuk Komunitas Peduli Banjir Samarinda.

Kegiatan diawali pembacaan dan penandatanganan deklarasi Sungai Bebas Sampah, sebagai bentuk komitmen bersama Pemprov Kaltim, Pemkot Samarinda, jajaran kecamatan, kelurahan, kelompok komunitas, dunia usaha, akademisi, mahasiswa, pelajar, Babinsa dan PKK dalam menyelamatkan air bagi kehidupan lebih baik.

Usai deklarasi dilanjutkan tindakan nyata dengan melakukan pembersihan sungai.

Sekretaris Dinas PUPR Pera Kaltim Dadang Irawan menjelasan, upaya pembersihan kawasan resapan dan tangkapan air terutama sungai dengan melibatkan masyarakat sangat penting dan strategis.

“Ini upaya kita bersama mengedukasi masyarakat untuk berkomitmen menjaga sungai bebas sampah,” jelasnya didampingi Kepala Bidang SDA Irhamsyah, Rabu (20/3) dikutip dari laman resmi Pemprov Kaltim.

Dadang berharap bersih-bersih sungai bebas sampah ini bisa berkelanjutan dan melibatkan semua pihak, sehingga terbangun kesadaran penuh untuk menyelamatkan sungai dari masalah sampah.

Kegiatan bertema ‘Semua Harus Mendapatkan Air’ diikuti 350 orang terbagi dalam tujuh kelompok yang dipusatkan sepanjang Jalan Pangeran Antasari, Samarinda.

Berikut galeri foto berbagai momen dalam acara tersebut.

Bagaimana menurut Anda? Tulis pendapatmu di kolom komentar

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *