Tutup Bertahun-tahun, RSI Samarinda Dikunjungi Wagub Hadi

Rumah Sakit Islam (RSI) Samarinda seperti diketahui sudah bertahun-tahun tutup alias tak beroperasi.

Namun kini sudah ada kabar meggembirakan.

Fasilitas kesehatan yang ‘melegenda’ itu dipastikan bakal segera dibuka kembali.

Bagus. Mantap. Buka segera. Insyaa Allah,” ucap Wakil Gubernur Kaltim, H Hadi Mulyadi ketika diwawancara awak media usai melakukan kunjungan ke RSI di Jalan Gurami No.18, Sungai Dama, Kecamatan Samarinda Ilir, Jumat (19/02/2021).

Hadi menjelaskan sesuai penjelasan dari Direktur RSI, dr Didik Santoso, pada 22 Februari 2021 akan dilakukan visitasi dari Dinas Kesehatan Kota Samarinda untuk memastikan kelayakan dibuka kembali.

“Kalau dari penjelasan Direktur RSI tadi untuk tipe D sudah lebih dari layak untuk dibuka. Walaupun kita ingin mengembalikan tipe C sebagaimana pelayanan dulu. Kita akan memanfaatkan dana Corporate Social Reaponsibility (CSR) dari berbagai perusahaan untuk membantu, ditambah bantuan dari pemerintah provinsi,” jelas Hadi.

Mantan legislator Senayan dan Karang Paci ini menegaskan komitmen kuat dari Pemprov Kaltim agar RSI Samarinda bisa segera di buka kembali.

“Intinya pelayanan kepada masyarakat khususnya di Kota Samarinda bisa kembali dilakukan Rumah Sakit Islam. Kita bicara kedepan, tidak usah kebelakang,” ujarnya dikutip dari rilis Humas Pemprov.

Gedung utama yang lokasinya berada di belakang harus dimanfaatkan.

Meskipun renovasinya diperkirakan memerlukan anggaran cukup besar.

Namun jika kita bersatu dan berdaulat, pasti bisa. Yang jelas, RSI juga harus disiapkan menjadi rumah sakit rujukan Covid-19 untuk mendukung RSUD AW Syahranie yang saat ini kewalahan,” imbuh Hadi yang memiliki kenangan khusus di RSI karena ibu, kakak dan anaknya pernah dilayani di rumah sakit ini.

Pada kesempatan ini, Hadi meninjau sejumlah paviliun, ruang operasi, ruang ICU, poliklinik RSI dan terakhir bertemu dengan jajaran RSI dan pengurus Yayasan Rumah Sakit Islam (Yarsi) Samarinda.

Tampak hadir, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Prov Kaltim HM Jauhar Efendi, Kepala Diskominfo HM Faisal, Direktur RSJD Atma Husada Mahakam Jaya Mualimin dan Kepala Biro Kesra Setda Prov Kaltim Andi M Ishak.

You may also like...

Sampaikan komentar terbaik Anda