Usai Ditabrak Tongkang Lagi, Kodisi Jembatan Mahakam Masih Layak Dilewati

Kondisi Jembatan Mahakam yang tertabrak tongkang pada Senin (30/08/2021) lalu, masih baik dan layak dilewati pemakai jalan.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Setda Kaltim, M Syafranuddin mengutip keterangan Kadis PUPR Kaltim, Aji Muhammad Fitra Firnanda, dijelaskan tim yang melakukan pemeriksaan awal melihat secara visual secara struktural kondisi masih dalam keadaan baik.

Meski demikian, lanjut Syafranuddin, perlu dilakukan pemeriksaan secara detail bersama tim ahli Direktorat Pembangunan Jembatan untuk melakukan evaluasi struktur jembatan terhadap dampak impact Tongkang Intan Kelana yang ditarik Tug Boat (TB) JKW Mahakam 2.

Diungkapkan, tim saat melakukan pemeriksaan Senin lalu menilai tidak terjadi pergeseran posisi pada delatasi pelat lantai jembatan pada segmen pier 3 dan 4.

Pada pier 3 dan 4 hanya terjadi rekahan tanah sedimentasi yang terletak di bagian deletasi jembatan dan expiation joint jembatan mengindikasikan geteran akibat tumbukan hingga bagian bangunan atas jembatan,” beber Syafranuddin, Rabu (01/09/2021).

Jubir Gubernur Kaltim ini menerangkan tim yang melakukan pemeriksaan sebanyak di antaranya BBPJN Kaltim, P2JN Kaltim, Dinas PUPR Kaltim, Polairud Polda Kaltim,dan Core Team, Bantek BBPJN Kaltim.

Sekadar diketahui Jembatan Mahakam pada Senin lalu pukul 06.00 Wita , akibat arus Sungai Mahakam menyebabkan tali penarik ponton, terputus.

Akibatnya ponton membentur pier4 Jembatan Mahakam sehingga menyebabkan kerusakan Pier 4 Jembatan Mahakam sisi hulu.

(Sumber: Adpimprov Kaltim)

You may also like...

Sampaikan komentar terbaik Anda