Agus Hari Kesuma Soroti Urgensi Sport Development Index

Agus Hari Kesuma Soroti Urgensi Sport Development Index

HARIANKALTIM.COM – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Timur (Dispora Kaltim) Agus Hari Kesuma menyoroti terkait peran penting Sport Development Index (SDI).

Menurutnya SDI merupakan alat yang sangat berarti dalam mengukur tingkat partisipasi masyarakat dalam berolahraga sekaligus mendukung mewujudkan visi Desain Olahraga Besar Nasional (DBON).

“Ya SDI memiliki peran strategis sebagai dasar untuk pengambilan kebijakan oleh Dispora Kaltim serta instansi serupa di berbagai kabupaten dan kota,” ungkapnya (15/11/2023).

AHK menyampaikan dengan keberadaan SDI maka akan membantu mereka dalam merancang program dan kegiatan yang terukur, efisien, dan efektif.

Dijelaskan juga bahwa dalam Perpres Nomor 86 Tahun 2021 tentang DBON, salah satu visi yang diusung adalah “Mewujudkan Indonesia Bugar” pada tahun 2045. Untuk mencapai visi ini, dibutuhkan partisipasi aktif 70 persen masyarakat dalam berolahraga setidaknya 3 kali seminggu, dengan durasi minimal 60 menit. Selain itu, diharapkan 60 persen masyarakat memiliki tingkat kebugaran jasmani yang baik.

Kemudian dalam Permenpora Nomor 6 Tahun 2022 tentang Peta jalan DBON, ditargetkan bahwa pada tahun 2023 partisipasi masyarakat dalam olahraga mencapai 37 persen, dan pada tahun 2024, meningkat menjadi 40 persen.

“Artinya SDI menjadi instrumen penting dalam mencapai tujuan besar untuk membuat Indonesia lebih sehat dan bugar,” tambahnya.

Agus menuturkan dengan data yang akurat dan kebijakan yang tepat, harapannya visi DBON dapat terwujud dengan baik.

Ia menekankan pentingnya kebijakan berdasarkan data dan bukti empirik hasil kajian ilmiah dalam pembangunan olahraga di Kalimantan Timur.

“Ini adalah langkah penting untuk merubah berbagai kebijakan olahraga yang sebelumnya mungkin lebih berorientasi pada tujuan, menjadi kebijakan yang berlandaskan bukti,” sambungnya.

Terakhir AHK menyatakan bahwa SDI hanyalah potret hasil pembangunan olahraga sehingga yang terpenting adalah langkah-langkah, rumusan kebijakan, program, dan kegiatan yang akan dilakukan.

“Nah setelah semua itu terpenuhi kita memiliki gambaran tentang perkembangan olahraga,” tutupnya. (ADV/FRI)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com