banner 728x90

Aksi Tri Zero, Upaya Dinkes Kaltim untuk Transformasi Pencegahan HIV

Aksi Tri Zero, Upaya Dinkes Kaltim untuk Transformasi Pencegahan HIV

HARIANKALTIM.COM – Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kalimantan Timur, Setyo Budi Basuki, memberikan penjelasan mengenai aksi Tri Zero untuk HIV, yang melibatkan zero stigma, zero kematian, dan zero infeksi baru.

“Kita harus menghilangkan stigma terhadap mereka, agar mau berobat dan tidak menyembunyikan penyakitnya,” terangnya di Samarinda belum lama ini.

Ia menjelaskan edukasi terhadap masyarakat agar tidak mengucilkan orang yang terkena HIV/AIDS.

Tri Zero menandakan komitmen untuk mencapai tiga tujuan utama: menghilangkan stigma terhadap penderita HIV, mengurangi angka kematian akibat HIV, dan mencegah penularan baru.

Dinkes Kaltim berfokus pada edukasi masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang mendukung bagi penderita HIV sehingga mereka bisa mendapatkan perawatan tanpa takut dicap stigmatik.

Basuki berharap bahwa transformasi kesehatan dalam bidang pencegahan penyakit di Kalimantan Timur dapat terwujud melalui kerjasama erat antara pemerintah, masyarakat, dan media.

“Kita harus melibatkan berbagai pihak ini dalam membentuk persepsi positif terhadap penderita HIV dan mengurangi diskriminasi,” jelasnya. (ADV/YSN)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com