Anggota DPRD Kaltim Dorong UMKM Samarinda Go Digital

Anggota DPRD Kaltim Dorong UMKM Samarinda Go Digital

HARIANKALTIM.COM – Anggota Komisi II DPRD Kaltim Encik Wardani mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Samarinda untuk memanfaatkan digitalisasi dalam menghadapi persaingan pasar.

Encik mengatakan, digitalisasi merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan daya saing UMKM di era globalisasi. Dengan memanfaatkan teknologi digital, UMKM dapat memperluas pasarnya hingga ke luar daerah, bahkan ke luar negeri.

“Terutama pedagang Pasar Pagi Samarinda perlu meningkatkan ilmu ke market place, karena sekarang sudah zaman generasi Z dan milenial yang lebih suka berbelanja secara online,” kata Encik.

Encik menilai, Disperindagkop Kaltim sudah memberikan pendampingan yang baik kepada UMKM untuk memanfaatkan digitalisasi. Namun, ia berharap pendampingan tersebut dapat terus ditingkatkan agar lebih banyak UMKM yang dapat memanfaatkan teknologi digital.

“Pemerintah juga perlu memberikan insentif kepada UMKM yang beralih ke digitalisasi,” ujar Encik.

Encik mengatakan, digitalisasi tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan penjualan, tetapi juga untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas manajemen UMKM. Dengan memanfaatkan teknologi digital, UMKM dapat mengelola keuangan, stok barang, dan pemasaran secara lebih mudah dan efisien.

“UMKM yang sudah go digital biasanya lebih maju dan berkembang daripada UMKM yang belum,” kata Encik.

Sementara itu, Kepala Disperindagkop UKM Kaltim Heni Purwaningsih mengatakan, pihaknya terus mendorong UMKM di Kaltim untuk melakukan transformasi dan perubahan agar mampu menghadapi tantangan di era globalisasi dan digital.

“Transformasi UMKM meliputi berbagai aspek, seperti produk, pasar, manajemen, sumber daya manusia, teknologi, dan akses permodalan,” kata Heni.

Heni mengatakan, Disperindagkop UKM Kaltim telah berkoordinasi dengan perbankan untuk memberikan kemudahan akses kredit kepada UMKM. Selain itu, pihaknya juga melakukan pendampingan terhadap UMKM lokal agar ada produk unggulan sebagai produk khas.

“Kami berharap, dengan transformasi yang dilakukan, UMKM di Kaltim dapat naik kelas dan bersaing di pasar global,” kata Heni. (ADV/FAN)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com