Anggota DPRD Kaltim Sebut Penanganan Kemiskinan di Kaltim Perlu Perbaikan

Anggota DPRD Kaltim Sebut Penanganan Kemiskinan di Kaltim Perlu Perbaikan

HARIANKALTIM.COM – Legislator Kaltim menyoroti upaya pengentasan kemiskinan di Kaltim. Ia menekankan perlunya perbaikan dalam berbagai komponen dan instrumen, termasuk perencanaan desain daerah oleh Bapedda untuk mengatasi kemiskinan.

Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Salehuddin mengatakan penanganan kemiskinan perlu difokuskan pada peningkatan sumber daya manusia (SDM), terutama dalam meningkatkan daya saing di wilayah Kaltim. Ia juga mengungkap adanya ketidaksetaraan antar-pulau di Kalimantan, yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kemampuan daya saing.

“Pemprov harus memberikan fasilitas atau ruang yang maksimal bagi proses pembinaan, termasuk bagiamana Pemprov melakukan fungsi kerja sama dengan dunia usaha yang notabene-nya hampir ada 1000 dunia usaha baik tambang, migas, perkebunan bisa sama dengan kebutuhan yang ada di pasar kerja kaltim,” ungkapnya.

Terlebih, dengan adanya IKN ini menkadi tantangan tersendiri bagi masyarakat Kaltim.

“Saya pikir sekarang memang kita belum ada proses bagaimana meningkatkan SDM,” jelasnya.

Salehuddin juga menyoroti tantangan terkait dengan migrasi urban. Ia menyebut bahwa beberapa kabupaten menghadapi kontribusi kemiskinan dari masyarakat urban yang mencari nasib di daerah tersebut. Ia mengajukan pertanyaan tentang indikator kemiskinan yang dianggap tidak adil, seperti penggunaan sanitasi sebagai indikator di daerah dengan konteks hidup di atas air.

Lebih lanjut, Politisi Partai Golkar ini juga menyoroti pentingnya menyepakati indikator kemiskinan yang adil bersama pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten. Ia menekankan perlunya melibatkan banyak stakeholder, termasuk ribuan perusahaan di Kaltim, untuk berkontribusi dalam upaya pengentasan kemiskinan.

“Pemerintah Pusat maupun Provinsi dan Kabupaten, juga melibatkan beberapa stakeholder. Karena ribuan perusahaan di Kaltim harus punya kontribusi dalam pengentasan kemiskinan,” tutupnya. (ADV/MAY)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com