banner 728x90

Bandara Sepinggan Balikpapan, Pintu Utama Ibu Kota Nusantara

Bandara Sepinggan Balikpapan, Pintu Utama Ibu Kota Nusantara

HARIANKALTIM.COM – Dalam mendukung rencana pemindahan Ibu Kota Nusantara (IKN) ke Kaltim pada 2024. Anggota DPRD Kaltim menyoroti pentingnya pengembangan dan perluasan layanan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan yang lebih dikenal sebagai Bandara Sepinggan ini.

Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Sapto Setyo Pramono mengungkapkan Bandara Sepinggan memegang peran krusial sebagai pintu masuk utama ke Provinsi Kalimantan Timur sekaligus akses vital menuju IKN.

“Bandara itu menjadi pintu masuk ke Provinsi Kalimantan Timur sekaligus akses ke IKN. Meskipun ada bandara VIP khusus, para penumpang domestik juga akan tetap lewat Sepinggan,” ungkapnya.

Selain itu, Sapto juga menyoroti perluasan landasan pacu Bandara Sepinggan dari 2.500 meter menjadi 3.250 meter, serta rencana perlebaran gedung bandara sebagai langkah penting dalam mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang seiring pemindahan IKN.

“Bagaimana orang mau masuk ke IKN kalau bandara kita, jika tidak diolah dengan baik” terangnya.

Berdasarkan data PT Angkasa Pura I. Sapto juga menyampaikan komitmennya dalam meningkatkan fasilitas Bandara Sepinggan. Seperti, landasan pacu.

“Jika ada kapasitas ruang atau fasilitas yang kurang, AP I akan meningkatkan kapasitas dan fasilitasnya,” ucapnya

Diketahui, Bandara Sepinggan tidak hanya sekedar melayani penerbangan domestik. Tetapi, juga menjadi tempat rute penerbangan internasional ke negara-negara seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Namun, saat ini. Bandara Sepinggan juga berperan sebagai pusat penghubung bagi maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Citilink. (ADV/MAY)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com