BKPSDM Kukar Menggelar Public Expose Indeks Kompetensi Digital ASN 2023

BKPSDM Kukar Menggelar Public Expose Indeks Kompetensi Digital ASN 2023

HARIANKALTIM.COM – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) baru-baru ini menyelenggarakan public expose untuk mengungkap hasil pengukuran Indeks Kompetensi Digital Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2023.

Hasil pengukuran tersebut menunjukkan bahwa skor indeks ASN Kukar pada tahun 2023 mencapai 2,3 dari skala 4, menandakan tingkat kemampuan digital yang cukup baik secara umum, meskipun masih ada ruang untuk peningkatan.

Pengukuran indeks ini dilakukan pada populasi ASN Kukar, yang berjumlah sekitar 12.500 orang, terdiri dari PNS dan PPPK. Pengukuran ini menggunakan framework Digcomp (Digital Competence Framework for Citizens) yang dikembangkan oleh European Commission.

Hasil pengukuran tersebut diperoleh dari 94 unit kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kukar, termasuk badan, dinas, satpol PP, setda dan setwan, kecamatan, RSUD, Puskesmas, UPT Pendidikan, dan Inspektorat.

Dr. (c) Firdaus Masyhur, S.Kom., M.Ti., Tenaga Ahli Tenggarong Project, menjelaskan bahwa kerangka kerja DigComp menitikberatkan pada lima area kompetensi digital, seperti literasi data dan informasi, kolaborasi dan komunikasi, kreativitas konten, keamanan digital, dan pemecahan masalah.

Hasil pengukuran menunjukkan bahwa pada area literasi data dan informasi, skor mencapai 2,50 (baik), sementara pada area kolaborasi dan komunikasi, skor adalah 2,35 (cukup baik). Di sisi lain, area kreativitas konten memerlukan peningkatan dengan skor 2,10. Pada aspek keamanan digital, skor ASN Kukar mencapai 2,28 (cukup baik), dan pada area pemecahan masalah, skor adalah 2,35 (cukup baik).

“Hasil pengukuran Indeks Kompetensi Digital ini akan menjadi dasar untuk pengembangan sumber daya manusia ASN Kukar selanjutnya,” ungkap Firdaus.

Tantangan ke depan, sambung dia, adalah mengimplementasikan program pengembangan kompetensi digital secara tepat sasaran, untuk memastikan kualitas pelayanan publik yang lebih baik.

Sementara itu. Kepala BKPSDM, H. Rakhmadi, S.Sos., berharap bahwa hasil pengukuran ini akan meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan publik di Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Dengan peningkatan kepuasan publik, pelayanan pemerintah diharapkan akan lebih baik, dan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah akan semakin meningkat,” harapnya.

Inisiatif Tenggarong Project adalah upaya peningkatan kompetensi digital ASN Kukar yang dijalankan oleh BKPSDM Kukar dan Yayasan Rumah Inovasi Digital. Inisiatif ini membuka peluang bagi pemangku kepentingan untuk berpartisipasi dan berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan pemerintahan dan kepercayaan masyarakat di Kabupaten Kutai Kartanegara. (ADV)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com