Demi Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik, Begini Jurus Jitu SMAN 16 Samarinda

Demi Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik, Begini Jurus Jitu SMAN 16 Samarinda

HARIANKALTIM.COM – Membaca diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran. Namun tidak dapat dipungkiri masih banyak siswa yang malas membaca sehingga dapat mempengaruhi pemahaman siswa ketika mengikuti kegiatan pembelajaran.

Padahal, membaca dapat membantu siswa untuk menemukan isi topik, informasi serta gagasan pokok selama proses pembelajaran.

Jurus SMA Negeri 16 Kota Samarinda untuk meningkatkan minat baca para siswanya dengan rencananya untuk membangun pojok baca di setiap ruang kelasnya.

“Pada program literasi, kami berencana membuat program literasi pada setiap kelasnya. Jadi nanti kami akan berencana membuat pojok baca di setiap kelasnya, untuk isi bukunya sendiri seperti buku-buku referensi serta buku-buku pelajaran,” jelas Dyah selaku Kepala Perpustakaan SMA Negeri 16 Samarinda.

Tidak hanya pojok baca saja, Dyah juga membeberkan bahwa SMA Negeri 16 Kota Samarinda nantinya akan menggiatkan literasi kepada para siswanya dengan membuat jadwal kunjungan rutin ke perpustakaan dari kelas-kelas.

“Kami akan lebih menggiatkan lagi nantinya dengan membuat jadwal kunjungan rutin ke perpustakaan, jadi nantinya di list setiap harinya dari kelas ke kelas,” ujarnya.

Rencana yang menjadi trobosan di ciptakan oleh Dyah, akan mulai digencarkan pada bulan Desember tahun 2024 mendatang. Dimana, trobosan yang telah diciptakannya ini masih dalam tahap pembahasan.

“Rencananya trobosan ini baru di mulai pada tahun ajaran baru ini. Tapi kami sudah melakukan pembahasan pada program kerja kemarin, targetnya nanti di bulan September baru kita mulai,” bebernya.

Terakhir, Dyah berharap dengan hadirnya terobosan baru Pojok Baca serta Jadwal Kunjungan tersebut, nantinya akan dapat dimaksimalkan oleh para siswa-siswi mendapatkan ilmu yang bermanfaat melalu pojok baca ini, maupun jadwal kunjungan yang telah kami rancang.

“Semoga dengan adanya terobosan ini, literasi serta pengetahuan para siswa-siswi SMA Negeri 16 Samarinda terus bertambah,” pungkasnya. (ADV/SIK)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com