Dewan Terus Mendorong Pendidikan dan Pelayanan Publik

Dewan Terus Mendorong Pendidikan dan Pelayanan Publik

HARIANKALTIM.COM – DPRD Kaltim mengambil langkah proaktif dalam mendukung sektor pendidikan dan pelayanan publik. Karena itu, DPRD Kaltim berusaha meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan masyarakat melalui berbagai program dan tindakan inisiatif.

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Ya’qub menyebut DPRD Kaltim selalu terbuka untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan publik yang diberikan oleh lembaga DPRD.

Salah satu bentuk implementasi dalam dukungan tersebut yaitu banyaknya studi lapangan atau study tour yang sering diadakan oleh mahasiswa ke lembaga ini.

“Ini menjadi salah satu cara untuk menggabungkan teori yang dipelajari di kampus dengan praktiknya,” ungkapnya

Rusman menjelaskan bahwa melalui studi komparatif seperti ini, mahasiswa dapat melihat bagaimana formulasi kebijakan dilakukan, implementasinya, dan evaluasi kebijakan di dunia nyata. Hal ini memberikan mereka pemahaman yang lebih mendalam daripada hanya mempelajari teori di bangku kuliah.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa DPRD Kaltim juga memiliki peran penting dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Lembaga DPRD bukan hanya sebuah institusi pemerintahan, tetapi juga lembaga pemberi layanan. Masyarakat memiliki hak untuk mengetahui produk-produk kebijakan yang dihasilkan oleh DPRD, seperti peraturan daerah.

Sekretariat DPRD disebut juga memiliki peran penting dalam menjembatani masyarakat dengan anggota DPRD. Ini termasuk menyediakan informasi melalui website resmi DPRD, pusat data, dan ruang pers (press room). Ia menekankan pentingnya menjaga transparansi dan aksesibilitas informasi bagi masyarakat, sehingga mereka dapat memahami dan mengakses hasil kerja DPRD tanpa harus bertemu langsung dengan anggota DPRD.

“Semoga melalui upaya ini, DPRD Kaltim dapat menjadi sumber inspirasi dan pendidikan bagi masyarakat, serta memberikan pelayanan yang lebih baik kepada publik,” pungkasnya. (ADV/SIKO)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com