banner 728x90

Dialog Lintas Agama, Pelihara Kerukunan dan Toleransi

Dialog Lintas Agama, Pelihara Kerukunan dan Toleransi

HARIANKALTIM.COM – Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Kota (Sekkot) Samarinda, Marnabas membuka kegiatan Sosialisasi dan Dialog Lintas Agama yang dilaksanakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Samarinda.

Acara yang mengangkat tema “Sosialisasi PBM dan Dialog Kerukunan” ini dilaksanakan di ruang Apokayan Hotel Horison, Jalan Imam Bonjol Samarinda, Rabu (15/11/2023).

Dalam sambutannya, Marnabas mengatakan, memelihara kerukunan umat beragama merupakan upaya bersama umat dan juga pemerintah di bidang pelayanan, pengaturan, dan pemberdayaan umat beragama.

“Hubungan sesama umat beragama yang dilandasi dengan toleransi, saling pengertian, saling menghormati, menghargai kesetaraan dalam pengalaman ajaran agamanya di kehidupan bermasyarakat akan menciptakan kerukunan bermasyarakat dan beragama,” paparnya.

Ia juga menyampaikan tentang Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri mengenai pendirian tempat ibadah.

“Pemerintah Kota Samarinda terus mendukung dan memberikan kebebasan untuk membangun rumah ibadah dengan catatan semuanya sesuai dengan prosedur,” ujar Marnabas.

Sebelumnya, Pdt. Marson Apui selalu Ketua Panitia Pelaksana melaporkan kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, badan, dan tokoh lintas agama untuk menjaga kerukunan umat beragama.

“Di tengah kemajuan era globalisasi, nilai-nilai agama lebih mudah masuk di sosial media, bahkan tidak sedikit paham-paham agama yang masuk tidak sesuai dengan ajaran agama yang berlaku di Indonesia, oleh karena itu posisi tokoh agama sangat berperan untuk memelihara Indonesia,” tuturnya. (ADV)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com