banner 728x90

Dinas Kesehatan Kaltim Dorong Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Usia Harapan Hidup Masyarakat

Dinas Kesehatan Kaltim Dorong Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Usia Harapan Hidup Masyarakat

HARIANKALTIM.COM – dr. Jaya Mualimin, Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Timur (Kaltim), dengan gembira mengumumkan pencapaian positif dalam upaya meningkatkan derajat dan kualitas kesehatan masyarakat di provinsi ini.

Peningkatan ini tercermin dalam peningkatan Angka Usia Harapan Hidup (UHH) yang sejak tahun 2021 telah mencapai 74,61 tahun.

“Angka ini bukan hanya tertinggi di antara empat provinsi lainnya di Kalimantan, tetapi juga melebihi UHH nasional yang sebesar 71,57 tahun,” tuturnya.

Dalam menghadapi pencapaian ini, ia berkomitmen untuk mempertahankan tren positif ini dan bahkan mengupayakan peningkatan lebih lanjut.

Upaya tersebut akan difokuskan pada peningkatan kualitas layanan kesehatan yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat Kaltim.

Ia juga menggarisbawahi peran penting sektor pendidikan dalam mencapai tujuan ini. Sektor pendidikan diharapkan menjadi mitra utama pemerintah dalam mewujudkan peningkatan UHH.

Meskipun tantangan di bidang kesehatan di masa depan diperkirakan akan semakin kompleks, termasuk kemunculan wabah penyakit, peningkatan kasus HIV/AIDS, penyakit Malaria, TBC, stunting, penyalahgunaan narkoba, pertumbuhan penduduk yang pesat, kerusakan lingkungan, bencana alam, dan sejumlah masalah lainnya.

“Selain itu, perubahan gaya hidup yang tidak sehat, gizi yang buruk, konsumsi makanan dan minuman berbahaya, dan peredaran obat-obatan yang kurang terkontrol juga telah meningkatkan risiko kesakitan masyarakat,” tutupnya. (ADV/YSN)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com