Dinkes Imbau Masyarakat Segera Periksakan Diri Jika Alami Gejala Leptospirosis

Dinkes Imbau Masyarakat Segera Periksakan Diri Jika Alami Gejala Leptospirosis

HARIANKALTIM.COM – Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Timur (Kaltim), Jaya Mualimin, memberikan peringatan serius kepada masyarakat terkait gejala leptospirosis. Ia menekankan pentingnya segera mencari bantuan medis di puskesmas atau rumah sakit terdekat apabila mengalami gejala penyakit tersebut.

“Jangan meremehkan gejala leptospirosis. Jika ada masyarakat yang mengalami gejala seperti demam, sakit kepala, nyeri otot, kuning, atau gangguan ginjal, segera periksakan diri ke puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan medis,” ujar Jaya Mualimin.

Leptospirosis dapat memiliki konsekuensi serius jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Jaya menyoroti fatalitas yang dapat terjadi dan mengingatkan bahwa penanganan medis dini merupakan kunci untuk mengurangi risiko komplikasi.

“Penyakit ini tidak boleh dianggap sepele, karena bisa berakibat fatal jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Masyarakat perlu menyadari pentingnya kesehatan pribadi dan segera mencari pertolongan medis apabila mengalami gejala leptospirosis,” tambahnya.

Dinas Kesehatan Kaltim terus melakukan upaya pencegahan dan penanganan kasus leptospirosis. Namun, partisipasi dan kesadaran masyarakat dalam mendeteksi dini gejala penyakit ini menjadi langkah awal yang krusial dalam mengendalikan penyebarannya.

“Dengan bersama-sama menjaga kebersihan, mewaspadai gejala leptospirosis, dan segera mencari bantuan medis, kita dapat melindungi diri dan komunitas dari dampak serius penyakit ini,” tandas Jaya Mualimin. (ADV/YSN)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com