Dinkes Kaltim Gagas Integrasi Inovasi Telemedicine dan Kedokteran Presisi

Dinkes Kaltim Gagas Integrasi Inovasi Telemedicine dan Kedokteran Presisi

HARIANKALTIM.COM – Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Timur, dr. Jaya Mualimin, mengumumkan langkah signifikan dalam upaya menghadirkan perubahan positif dalam pelayanan kesehatan melalui transformasi teknologi.

Langkah ini bertujuan untuk mengintegrasikan dan memanfaatkan perkembangan teknologi terbaru, termasuk telemedicine, digitalisasi, dan kedokteran presisi.

“Transformasi teknologi kesehatan ini mencakup berbagai inovasi yang akan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Kalimantan Timur. Salah satu aspek utama yang kami fokuskan adalah kedokteran presisi, yang akan menambah dimensi teknologi dalam perkembangan layanan kesehatan,” ungkap Jaya.

Telemedicine menjadi salah satu komponen krusial dalam transformasi ini, memungkinkan akses lebih mudah dan cepat ke layanan kesehatan.

Dengan memanfaatkan teknologi komunikasi, pasien dapat berkonsultasi dengan tenaga kesehatan tanpa harus secara fisik datang ke fasilitas medis. Hal ini tidak hanya meningkatkan efisiensi sistem kesehatan, tetapi juga mempermudah akses pelayanan kesehatan, terutama di daerah terpencil.

Selain telemedicine, kedokteran presisi menjadi fokus utama dalam transformasi ini. Kedokteran presisi menggabungkan informasi genetik, lingkungan, dan gaya hidup individu untuk menyediakan perawatan yang disesuaikan secara personal. Ini membuka peluang untuk diagnosis yang lebih tepat, pengobatan yang lebih efektif, dan pencegahan penyakit berdasarkan karakteristik genetik masing-masing individu.

Jaya menegaskan bahwa penggabungan teknologi kedokteran presisi ini akan memperkaya layanan kesehatan di Kalimantan Timur.

“Kami berkomitmen untuk terus memajukan sistem kesehatan melalui inovasi teknologi yang memberikan manfaat konkret bagi masyarakat,” tambahnya. (ADV/YSN)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com