banner 728x90

Dinkes Kaltim Terapkan Program Germas Sebagai Prioritas Transformasi Kesehatan

Dinkes Kaltim Terapkan Program Germas Sebagai Prioritas Transformasi Kesehatan

HARIANKALTIM.COM – Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Timur, Jaya Mualimin, mengungkapkan arahan yang diterima dari Penjabat Gubernur Kaltim terkait dengan program pemerintah pusat dan Kementerian Kesehatan.

Fokus utama saat ini adalah pencegahan kesehatan masyarakat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

“Program Germas menjadi salah satu prioritas yang ditekankan, sejalan dengan arahan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan,” ungkapnya di Samarinda, Selasa (21/11/2023).

Transformasi kesehatan diarahkan menuju pendekatan promotif kesehatan yang menempatkan penekanan pada upaya preventif dan edukasi.

“Yang kami tekankan ke depan adalah mengedukasi masyarakat agar hidup sehat, mencegah penyakit, dan meningkatkan kualitas hidup,” ungkap Jaya.

Dinkes Kaltim berkomitmen untuk aktif mengimplementasikan program Germas, menggandeng masyarakat dalam mewujudkan pola hidup sehat. Dengan menekankan edukasi dan pencegahan penyakit, diharapkan masyarakat dapat lebih proaktif dalam menjaga kesehatan mereka sendiri.

Transformasi kesehatan ini bukan hanya tanggung jawab Dinkes, tetapi juga merupakan kolaborasi dengan masyarakat.

“Dengan adanya kesadaran dan partisipasi aktif dari masyarakat, diharapkan program Germas dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas hidup dan menurunkan angka penyakit di Kalimantan Timur,” tandasnya. (ADV/YSN)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com