Disdikbud Kaltim akan Tindak Tegas Bagi Guru yang Jarang Mengajar

Disdikbud Kaltim akan Tindak Tegas Bagi Guru yang Jarang Mengajar

HARIANKALTIM.COM – Disdikbud Kaltim menyoroti kinerja guru yang lalai dalam menjalankan tugas pokok dalam proses belajar mengajar.

Salah satu siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Samarinda yang bernama Budi (samaran) menyampaikan keluhannya terhadap guru yang jarang masuk kelas. 

“Guru jarang masuk, jadi pasti ada jam kosongnya dan gak ada keterangan. Satu hari itu ada empat mata pelajaran, paling tidak hanya ada satu atau dua guru yang mengisi pembelajaran di kelas. Sisanya kosong,” ungkapnya.

Sebagai seorang siswa, Budi berharap agar ke depan guru-guru tersebut bisa masuk secara rutin, agar sekolah tidak sia-sia.

“Harapannya semoga guru-guru lebih sering masuk, kalau jam kosong pastinya tidak ada ilmu yang masuk, jadi percuma aja sekolah,” tegasnya pada Selasa (14/11/2023).

Selain Budi, seorang siswi SMA di sekolah lain juga merasakan hal yang sama. Namun, persentase kehadiran guru di sekolahnya masih lebih baik. 

“Kalau di kelas masih sering masuk, mungkin yang tidak masuk beberapa guru saja. Tapi lebih dominan sering masuk,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Bidang SMA Disdikbud Kaltim, Jasni memberikan tanggapannya soal guru yang jarang masuk kelas. Menurutnya seorang guru tidak boleh melalaikan tugasnya sebagai pengajar.

“Kami harus mendalami dan mendata terlebih dulu, kalau memang ada laporan terkait hal tersebut. Jika memang benar, kami akan sampaikan ke sekolah yang bersangkutan,”ujarnya.

Disdikbud Kaltim pun tidak mudah memberikan sanksi. Butuh pertimbangan dan meninjau lebih dalam terkait sejumlah guru yang jarang masuk kelas.

“Kami belum bisa memberikan sanksi, perlu meninjau seperti apa perkaranya, kemudian sekolah mana saja, kami cari tahu dulu alasan-alasan mereka,” tutur Jasni.

“Saya berharap, guru bisa lebih konsisten dalam mengajar, karena guru adalah ujung tombak pembelajaran di sekolah,” tutup Jasni. (ADV/SIK)

Permintaan ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab, silakan WA 0821-522-89-123 atau email: hariankaltim@ gmail.com